Sukses

Daftar Maskapai Penerbangan Teraman Dunia 2022 Versi AirlineRatings.com

AirlineRatings.com kembali merilis daftar maskapai penerbangan teraman dunia 2022.dengan posisi teratas diraih Air New Zealand.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan mengalami penurunan perjalanan udara setelah masa pandemi Covid-19 melanda. Setelah dua tahun berlalu, industri ini belum juga seutuhnya pulih di tengah kondisi yang tak menentu.

Covid-19 membuat seluruh maskapai penerbangan beradaptasi dalam hal pelayanan dan memberlakukan protokol kesehatan guna menekan transmisi virus. Beberapa perubahan signifikan ini ada dalam daftar maskapai penerbangan teraman dunia versi AirlineRatings.com, situs web ulasan produk dan keselamatan penerbangan.

Air New Zealand berada di posisi teratas dalam tabel keselamatan tahunan 2022. Pemeringkatan ini memantau 385 maskapai penerbangan dari seluruh dunia, mengukur faktor-faktor seperti catatan kecelakaan dan insiden serius maskapai, usia pesawat mereka, serta Covid- 19 protokol dan inovasi operasional.

Maskapai Selandia Baru ini ada di posisi puncak "karena catatan insiden yang baik, jumlah inovasi kokpit, pelatihan pilot dan usia armada yang sangat rendah," menurut Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi situs web yang berbasis di Australia tersebut, dilansir CNN, Kamis (6/1/2022).

Posisi kedua diraih oleh Etihad Airways, Qatar Airways ada di posisi ketiga, serta Singapore Airlines dan TAP Portugal masing-masing menempati posisi keempat dan kelima. Maskapai penerbangan yang hilang dari daftar lima besar adalah Qantas.

Maskapai ini sempat memegang gelar maskapai teraman dunia dari 2014 hingga 2017, berlanjut 2019 hingga 2021 (tak ada pemenang yang jelas yang dapat ditemukan pada 2018). Qantas berada di posisi ketujuh kali ini karena "sedikit peningkatan insiden ditambah dengan usia armada."

Pada Oktober 2021, sebuah Boeing Qantas yang bepergian dari kota Perth Australia ke Adelaide di Australia Barat dialihkan karena ketidakseimbangan bahan bakar. Kejadian tersebut lantas diklasifikasikan sebagai "insiden serius."

"Dua tahun terakhir sangat sulit bagi maskapai penerbangan dengan Covid-19 memangkas perjalanan dan editor Airline Ratings secara khusus berfokus pada jangka waktu yang dilakukan maskapai untuk melatih ulang pilot sebelum kembali beroperasi," jelas Thomas. "Air New Zealand adalah pemimpin di bidang ini dengan pelatihan ulang yang komprehensif."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inovasi Keamanan

Air New Zealand juga menerima pujian karena menjadi pemimpin dunia dalam kemajuan keselamatan operasional selama empat dekade terakhir. Ada beragam inisiatifnya, termasuk baru-baru ini menjadi salah satu maskapai pertama di dunia yang menguji coba penggunaan teknologi AI Assaia Apron untuk meningkatkan waktu putar pesawatnya.

"Air New Zealand telah unggul dalam spektrum keselamatan yang luas, tidak pernah melupakan detail terkecil saat merawat awak penerbangannya yang telah bekerja di bawah tekanan yang signifikan," kata Thomas kepada CNN Travel.

Pada beberapa kesempatan, AirlineRatings telah memilih untuk hanya menyebutkan pemenangnya, sebelum mencantumkan maskapai teratas lainnya berdasarkan abjad. Tetapi situs web baru-baru ini memilih untuk memberi peringkat masing-masing dari 20 maskapai teratas dalam urutan numerik, mengungkapkan beberapa pergerakan signifikan dari tahun ke tahun.

Misalnya, Emirates berada di urutan lima pada daftar 2021, tetapi maskapai UEA telah terdaftar di posisi ke-20 tahun ini. Sementara, Southwest Airlines berada di peringkat ke-13 pada 2021, tetapi tidak termasuk dalam 20 besar baru untuk 2022.

AirlineRatings.com juga telah membuat daftar maskapai murah teraman di dunia yang diurutkan berdasarkan abjad karena peringkatnya sama. Sepuluh maskapai penerbangan bertarif rendah teraman, meliputi Allegiant Air, easyJet, Frontier Airlines, Jetstar Group, Jetblue, Ryanair, Vietjet Air, Volaris, Westjet, dan Wizz Air.

3 dari 4 halaman

Daftar Maskapai Penerbangan 2022 Versi AirlineRatings.com

1. Air New Zealand

2. Etihad Airways

3. Qatar Airways

4. Singapore Airlines

5. TAP Air Portugal

6. SAS

7. Qantas

8. Alaska Airlines

9. EVA Air

10. Virgin Australia/Virgin Atlantic

11. Cathay Pacific Airways

12. Hawaiian Airlines

13. American Airlines

14. Lufthansa

15. Finnair

16. KLM

17. British Airways

18. Delta Air Lines

19. United Airlines

20. Emirates

 

4 dari 4 halaman

Infografis Maskapai Indonesia di Langit Eropa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.