Sukses

Jin BTS Tanggapi Komentar tentang Merchandise Barunya yang Disebut Terlalu Mahal

Merchandise buatan Jin BTS terdiri dari dua set piyama dan sebuah bantal yang masing-masing dibanderol Rp1,4 juta dan Rp800 ribu-an.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika BTS mengumumkan akan merilis merchandise mereka sendiri, ARMY, sebutan penggemarnya, sangat bersemangat. Kendati, sempat trending di Twitter, sebagian mengaku "terlalu bokek untuk berbelanja (lagi)," dan tengah memutar otak bagaimana mereka tetap bisa melakukannya.

Member pertama yang mengumumkan merchandise yang didesain sendiri adalah yang tertua di grup, Jin BTS, lapor Koreaboo, Selasa (4/1/2022). Dalam sesi pemasaran yang jenaka, sesuai karakter pelantun Super Tuna tersebut, penggemar memuji betapa lucunya barang-barang itu.

Merchandise Jin terdiri dari dua versi piyama dan satu desain bantal. Terkait piyama, pemilik nama lengkap Kim Seokjin ini sebenarnya telah mempromosikannya sejak beberapa waktu lalu, termasuk muncul dalam episode In the Soop season dua.

Selain tentu barang-barang ini dianggap dekat dengan Jin, mengingat ia pernah mengaku bisa rebahan selama 20 jam di hari liburnya. Meski ARMY menyukai desain dan makna di balik pakaian tersebut, satu hal yang menonjol, yakni harga.

Piyama dijual seharga 119 ribu won (Rp1,4 juta) per set, sedangkan bantal dibanderol 69 ribu won (Rp827 ribu). Angka-angka ini membuat merchandise buatan Jin disebut "terlalu mahal." Namun, ARMY ternyata bukan satu-satunya yang terkejut dengan harga jual yang ditentukan HYBE, agensi BTS.

Sebelum itu, Jin BTS mempromosikan merchandise-nya di akun Instagram pribadi. Pelantun lagu Abyss ini bahkan berbagi foto dirinya dengan piyama dan menuliskan judul "Tawarkan harga." Tampaknya bahkan J-Hope berpikir bahwa piyama harus berharga terjangkau, bercanda menyebut "empat dolar."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Jin

Setelah harga sebenarnya terungkap dan ARMY membagikan tanggapan mereka, Jin BTS ternyata memperhatikan komentar ini dan mengungkap bahwa ia juga memiliki pandangan serupa. Dalam sebuah unggahan di Weverse, baru-baru ini, ia menjelaskan, meski ingin merchandise dibuat dari bahan berkualitas tinggi, harganya tetap mengejutkan.

"Saya memang meminta mereka menggunakan bahan berkualitas bagus untuk piyama. Tapi harganya … Saya juga kaget," tulis idol 29 tahun tersebut.

Ketika Jin menuliskan komentar tersebut, penggemar membanjiri media sosial, mendukungnya karena menyebut harga merchandise "tidak adil." Banyak juga yang bercanda tentang reaksi HYBE melihat unggahan Jin.

Dengan harga tersebut, ada juga yang menyinggung biaya pengiriman dan kemungkinan bea cukai, yang semuanya pasti menambah pengeluaran. HYBE belum menanggapi komentar dari ARMY dan Jin.

3 dari 4 halaman

Merchandise RM

Setelah Jin, member selanjutnya yang menggoda ARMY dengan merchandise buatannya adalah leader BTS, RM. Seperti yang diharapkan dari pelantun lagu Bicycle tersebut, kecintaannya pada seni rupa dan detail tampaknya berperan utama saat ia mengungkap bahwa merchandise-nya tidak hanya sepasang celana jogging yang sangat modis.

Juga di unggahan Instagram pribadi, RM memperlihatkan lonceng angin yang dirancang dengan indah dengan detail figur ikan yang menjuntai dari bel. "Item favorit saya adalah lonceng angin (Awalnya, saya berpikir menamainya bung-kyung, tapi kedengarannya agak ...)," tulisnya di Instagram Story.

Nama tersebut menggabungkan kata "bungeo bbang," roti Korea berbentuk seperti ikan, dan kata Korea untuk lonceng angin. Ia kemudian mengunggah polling dalam bahasa Korea dan Inggris, menanyakan pada penggemar nama mana yang mereka sukai.

Nama awal yang telah disebut di atas atau "poongyeong of poongyeong" yang merupakan permainan kata-kata yang berarti "lonceng angin dan pemandangan." Namun, RM dengan cepat menyadari bahwa itu mungkin tidak akan membuat banyak perbedaan saat menjelaskan, "Maaf. tapi sudah gak-inned…" yang artinya lonceng angin itu sudah dinamai dengan nama aslinya.

Meski item itu bernama "Bungeo-ppang," ukiran dengan apa yang tampak seperti judul resmi pada merchandise itu sendiri adalah "Poongyeong" yang merupakan permainan kata-kata yang berarti lonceng angin dan pemandangan.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.