Sukses

Makeup Artist Tanyakan Alasan Pengantin Harus Cium Anak Bayi Sebelum Dirias

Saat pengantin diminta mencium bayi, MUA telah merias wajahnya dengan base makeup yang cukup tebal.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan di Indonesia sangat kental dengan adat dan kebiasaan. Tak hanya soal mengenakan baju adat atau upacara pernikahan, terdapat ritual lain yang biasanya sangat unik. Salah satunya adalah mencium bayi sebelum beranjak ke pelaminan.

Tepatnya, pengantin diminta mencium bayi saat dirias oleh Makeup Artist (MUA). Hal ini pun diungkapkan oleh pemilik akun TikTok @husnamakeup29.

Ia membagikan pengalamannya saat seorang klien tiba-tiba diminta mencium bayi saat dirias. "Mau tanya deh , Kenapa Pengantin harus nyium dan nyolekin bedak ke bayi?" tanyanya dalam keterangan video pada 2 Januari 2022.

Saat pengantin diminta mencium bayi, MUA telah merias wajahnya dengan base makeup yang cukup tebal, blush, kontur, eyeshadow, produk alis, serta bulu mata palsu.  Sementara bibir dan rambutnya belum dirias serta ditata sama sekali.

Bagi sebagian orang mungkin terdengar asing, tapi pengantin menyanggupi permintaan mencium bayi dengan santai. Dalam video tersebut, MUA pun mengungkapkan bahwa ada juga pengantin yang diminta oleh orangtua bayi untuk menjilat wajah anaknya.

Husna pun meminta penjelasan soal tradisi unik itu pada warganet seputar kebiasaan tersebut. Pertanyaan tersebut ternyata mendapat beragam jawaban dari warganet.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biar Pangling

"Biar ga sawan bayinya. Soalnya kebanyakan make up buat pengantin itu ada sesuatunya. biar pangling + auranya beda gitu pengantinnya. setauku gitu," tulis seorang warganet.

"Biar gak kenak sawan katanya , kemaren aku nikah banyak anak kecil yang minta cium dan minta bedak , wkwk lipstik nyaa sampe mau pudar," komentar warganet lainnya.

"Di daerahku dah gak ada yg gitu, tapi sebagian ada yang cuma minta bedak aja hitu. Malah ada di daerah mana gitu aku lupa harus dikasih air liur mantennya," timpal warganet yang lain. 

Sampai berita ini ditulis, video ritual unik pengantin itu sudah dilihat lebih dari 2 juta kali dan disukai lebih dari 74 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Anak Band

Pada Oktober 2021, akun yang sama juga mengunggah video unik tentang makeup. Video itu memperlihatkan seorang laki-laki sedang merias. Ia bukan berprofesi sebagai MUA tapi ternyata membantu istrinya saat merias kliennya.

Pria tersebut merupakan personel band yang sepi job karena masa pandemi Covid-19. "Awalnya dia iseng-iseng aja karena pandemi bikin bandnya vakum manggung, ambil hikmahnya saja," tulis si pemilik akun.

Ia kemudian mengatakan bahwa suaminya ini biasa merapikan penampilan pengantin pria. Selain itu, ia juga pandai melukis henna untuk pengantin. Istrinya pun membagikan cerita di mana beberapa klien dibuat kaget saat pertama kali suaminya datang untuk merias dan melukis henna di tangan.

Aksi anak band yang membantu istrinya jadi MUA pun viral. Tak sedikit yang memberikan pujian karena aksinya yang mau membantu istri.

4 dari 4 halaman

Gaun Pernikahan Raisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.