Sukses

Pratama Arhan, dari Anak Keluarga Sederhana hingga Jadi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Pratama Arhan mengungguli dua rekan setimnya, Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga, sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia harus puas keluar sebagai runner-up Piala AFF 2020 setelah dikalahkan Thailand di laga final, Sabtu malam, 1 Januari 2022. Pada leg pertama, Skuad Garuda diiunguli Thailand dengan skor 4-0, dan bermain imbang 2-2 pada leg kedua.

Indonesia kalah dengan agregat 6-2 dari Thailand. Di tengah kabar itu, sedikit penghiburan diberikan Pratama Arhan kerena pesepak bola kelahiran Blora, Jawa Tengah ini didapuk jadi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020.

Kanal Bola Liputan6.com melaporkan, pencapaian bek andalan Timnas Indonesia ini merupakan hasil voting penggemar, juga wartawan yang memantau penampilannya sepanjang turnamen. Arhan meraih total 60.122 suara.

Ia mengungguli dua rekan setimnya, Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga, yang masing-masing berada di posisi dua dan tiga dalam kategori tersebut. Sementara peringkat ke-4 diisi pemain Thailand Thanawat Suengchitthawon dan pemain Kamboja Sieng Chathea.

Bukan perjalanan serba mulus yang dilalui Arhan untuk bisa mencapai prestasi tersebut. Dalam sebuah unggahan video di TikTok @imamjuna, beberapa waktu lalu, ibunda Arhan, Suharti bercerita bahwa ia yang berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah hanya bisa membelikan Arhan sepatu seharga Rp25 ribu.

Sepatu itu digunakan Arhan untuk bermain bola. Sayangnya, sepatu itu langsung jebol saat pertama kali dipakai. Lelaki kelahiran 21 Desember 2001 ini merupakan putra pasangan Sutrisno dan Surati. Ibunya jadi tulang punggung dengan berjualan sayur keliling setelah ayah Arhan terbaring lemah karena sakit.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumah Keluarga yang Sederhana

Arhan bersama keluarganya tinggal di rumah sederhana berdinding kayu dan beralas tanah di daerah Dukuh Karangnongo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Blora. Tampilan rumah Pratama Arhan bahkan sempat jadi sorotan, juga karena video di akun TikTok tersebut.

Lebih tepatnya, momen tersebut berlangsung dalam cuplikan nonton bareng (nobar) di rumah Arhan pada pertandingan leg dua semifinal Piala AFF 2020 saat Indonesia berhadapan dengan Singapura. Kala itu, keluarga Arhan tampak sibuk menyiapkan jamuan makanan di dapur.

Yang menarik perhatian warganet, keluarga Arhan masih memasak dengan cara tradisional. Mereka tampak menggunakan tungku dan kayu bakar saat memasak berbagai hidangan yang disajikan saat nobar.

3 dari 4 halaman

Pesan Ibunda Arhan

Kendati sederhana, rumah keluarga Arhan terlihat cukup luas, dengan dominasi cat hijau. Dekorasinya berupa poster Arhan yang tidak hanya satu, namun begitu banyak. Tampak pula penghargaan yang diperoleh Arhan.

Melihat karier putranya yang sukses, Surati berpesan agar Arhan tetap rendah hati dengan pencapaian saat ini. Ia juga sempat ikut memberi semangat pada putranya untuk terus membawa harum nama Indonesia di kancah internasional, termasuk Piala AFF 2020.

"Harapan kami keluarga besar Arhan, semoga Arhan tetap menjadi anak yang baik, soleh, yang attitude-nya tetap dijaga, salat 5 waktu. Jangan lupa, dan terus berusaha berjuang untuk Indonesia. Jangan sombong ya nak, semoga Arhan menjadi yang terbaik," pungkas Surati.

4 dari 4 halaman

Infografis Sang Juara dan Runner-Up Piala AFF

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.