Sukses

Sosok Madam Pang, Miliarder yang Jadi Manajer Timnas Thailand

Meski terlahir dari keluarga konglomerat, miliarder Madam Pang yang merupakan manajer Timnas Thailand punya jalan sendiri meraih passion-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Nualphan Lamsam, manajer Timnas Thailand menjadi sorotan setelah leg 1 final Piala AFF 2020 yang mempertemukan Thailand dan Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Rabu, 29 Desember 2021. Perempuan berusia 55 tahun ini juga akrab disapa Madam Pang.

Dilansir dari South China Morning Post, Kamis (30/12/2021), Nualphan Lamsam adalah keturunan generasi kelima dari keluarga Lamsam yang berdarah Thailand-China. Meski terlahir dari keluarga konglomerat, ia memiliki jalan sendiri mengejar kecintaannya.

Keluarga Lamsam mendirikan Kasikorn Bank, atau KBank. Sebagai salah satu pemberi pinjaman terbesar di Thailand, ia memiliki aset 98 miliar dolar AS atau setara Rp1,3 kuardriliun dan portofolio yang cukup besar yang mencakup perusahaan asuransi besar.

Sepupu Madam Pang, CEO Kasikorn Bank Banthoon Lamsam, dan keluarganya terdaftar oleh Forbes sebagai orang terkaya ke-31 di Thailand dengan kekayaan bersih gabungan 860 juta dolar AS atau setara Rp12 triliun. Kedua adik Pang juga berprestasi dengan caranya sendiri.

Adalah Wannaporn Phornprapa yang menjalankan studio lanskap dan desainnya sendiri dengan proyek-proyek di seluruh Asia dan Eropa. Sedangkan, Sara Lamsam menjalankan Muang Thai Life Assurance.

Madam Pang lahir pada 1966 di Bangkok. Ia adalah meraih sarjana marketing dari Chulalongkorn University, salah satu lembaga pendidikan tinggi tertua di Thailand. Ia lantas mengejar gelar master manajemen di Boston University.

Madam Pang telah menikah dengan Pol. Kolonel Naras Savestanan, direktur jenderal Departemen Pemasyarakatan di Thailand. Sementara, Pang juga telah menjejakkan langkah di berbagai industri.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jejaki Ragam Industri

Madam Pang adalah Presiden dan CEO Asuransi Muang Thai, pemimpin tim sepak bola putra dan putri di Thailand. Madam Pang juga penulis memoar dan konsul kehormatan untuk Konsulat Lithuania di Bangkok serta sosok yang terkemuka.

Pekerjaan utamanya adalah Presiden dan CEO di Muang Thai Insurance, salah satu perusahaan asuransi non-jiwa terkemuka di Thailand. Ia bahkan memimpin kampanye branding perusahaan "Believe Pang", dan wajahnya menghiasi publikasi dan papan iklan di seluruh negeri.

Pang juga telah membuat terobosan di dunia olahraga yang didominasi pria, dan merupakan ketua tim liga utama Thailand Port Football Club. Ia menegaskan bahwa sepak bola tetap menjadi kecintaan dalam hidupnya dan mengelola tim nasional putri adalah posisi yang tetap dekat di hatinya.

Miliarder ini adalah salah satu importir awal label desainer di Negeri Gajah Putih dan memiliki distributor Hermes, Saint Honorè (Bangkok). Pang juga menjadi salah satu pemilik Meister Technik, distributor resmi mobil Audi di Thailand.

3 dari 4 halaman

Janji Madam Pang

Madam Pang berjanji menghadiahkan pemain Timnas Thailand bonus 20 juta baht atau setara Rp8,5 miliar, jika mereka memenangkan Piala AFF 2020. "Uang bukanlah jawaban (untuk sukses) tetapi ini akan membantu meningkatkan moral mereka," katanya dilansir dari Bangkok Post, Kamis (30/12/2021).

Ia melanjutkan, tujuan para pemain adalah untuk memenangkan gelar bagi dii sendiri dan semua warga Thailand. "Terlepas dari 300 ribu dolar AS atau sekitar 10 juta baht dari AFF, saya akan memberi mereka 20 juta baht jika mereka memenangkan gelar," tambahnya.

Pada leg 1 final Piala AFF 2020, Thailand unggul 4-0 atas Indonesia. Pertandingan leg 2 final Piala AFF 2020 akan digelar pada Sabtu, 1 Januari 2022 mendatang.

4 dari 4 halaman

Infografis Piala AFF 2020 grup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.