Sukses

Hong Kong Akan Rayakan Tahun Baru 2022 dengan Pertunjukan Lampu dan Grup Orkestra Terbaik

Untuk memeriahkan Tahun Baru 2022, Hong Kong akan menampilkan lampu-lampu bercahaya di sepanjang tepian laut Victoria Harbour.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap negara dan wilayah punya pertimbangan tersendiri dalam menerapkan kebijakan tentang perayaan tahun baru di masa pandemi ini. Begitu pula dengan Hong Kong. Ada yang melarang atau memperketat aturan seputar perayaan tahun baru.

Sedangkan Hong Kong termasuk yang mengizinkan perayaan. Wilayah administratif Republik Rakyat Tiongkok ini akan memeriahkan Tahun Baru 2022 dengan keindahan seni cahaya yang mempesona seperti menampilkan lampu-lampu bercahaya di sepanjang tepian laut Victoria Harbour.

Ada juga penampilan Orkestra Philharmonic Hong Kong, dan layar hitung mundur atau countdown sebagai momen detik-detik pergantian tahun di bagian fasad gedung M+ yang baru saja dibuka. Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.,com, perayaan menyambut Tahun Baru 2022 itu dipersiapkan Hong Kong Tourism Board (HKTB) atau Badan Pariwisata Hong untuk membawa keindahan seni khas Hong Kong ke panggung mancanegara.

Museum M+ yang baru saja dibuka akan memancarkan lampu-lampu cahaya gemerlap yang menyinari area Victoria Harbour.  Museum budaya visual kontemporer global pertama di Asia setinggi 65,8 meter ini akan menampilkan karya menarik yang diciptakan oleh seniman digital lokal berbakat sebagai penghormatan berbagai tempat bersejarah, lingkungan, seni dan budaya Hong Kong.

Bagian fasad gedung M+ juga akan diubah menjadi countdown clock yang akan menghiasi pemandangan kota Hong Kong selama menit-menit terakhir tahun 2021. Saat waktu menunjukkan tengah malam, angka "2022" dan ucapan Tahun Baru akan ditampilkan di layar untuk menandai bergantinya tahun 2021 ke 2022.

Perayaan juga dimeriahkan dengan penampilan spesial Hong Kong Philharmonic Orchestra. Grup orkestra terbaik Hong Kong itu dan pemenang penghargaan Gramophone Orchestra of the Year pada 2019 ini akan bermain di bawah cahaya terang gedung pencakar langit pada malam tahun baru.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konser Outdoor

Mereka siap menampilkan musik yang energik dalam konser outdoor di West Kowloon Cultural District saat Hong Kong merayakan Tahun Baru. Perayaan ini diharapkan bisa membangun antusiasme masyarakat setempat termasuk para pengunjung mancanegara.

Mereka yang ingin menyaksikan langsung harus membeli tiket lebih dulu atau mereka yang mendapatkan hadiah tiket gratis. Gerbang masuk akan dibuka pada 31 Januari 2021 pukul 20.00 waktu setempat, acara dimulai sekitar pukul 22.00 sampai 1 Januari 2022 pukul 00.30 waktu setempat.

Perayaan ini juga bisa disaksikan melalui saluran TV dan media sosial untuk seluruh audiens mancanegara. Selain itu, perayaan Momen Hitung Mundur Tahun Baru Hong Kong dapat disaksikan secara langsung di saluran YouTube HKTB. 

3 dari 4 halaman

Perayaan Tahun Lalu

Di tahun lalu, untuk menyambut Tahun Baru 2021, HKTB menggelar perayaan Hitung Mundur Tahun Baru dengan format online. Cara itu dipilih sehingga semua orang di berbagai belahan dunia dapat bergabung dalam perayaan tersebut lewat gawai yang dimiliki.

Acara hitung mundur itu akan dimulai pada pukul 11 malam waktu Hong Kong. Tepat di tengah malam, dihadirkan video berdurasi dua menit yang menampilkan Victoria Harbour, yang disusul dengan pemandangan landmark Hong Kong yang ikonis. Bersamaan dengan itu ditayangkan pula ucapan selamat tahun baru ke seluruh dunia.

Selain menyambut tahun 2021 bersama orang-orang di seluruh dunia, perayaan ini juga mengirimkan pesan bahwa Hong Kong tetap bersemangat di tahun yang baru. Saat itu, Hong menghadapi gelombang keempat pandemi Covid-19.

Dikutip dari laman South China Morning Post, semua pengunjung dari luar negeri yang baru tiba di Hong Kong diwajibkan menjalani karantina lebih lama di hotel yang disediakan otoritas setempat.

4 dari 4 halaman

Gejolak Panjang di Hong Kong

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.