Sukses

3 Tempat di Thailand Dipadati Turis untuk Liburan Akhir Tahun

Sejumlah tempat dipadati turis untuk merayakan libur akhir tahun di Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan akhir tahun 2021 terjadi peningkatan kunjungan wisatawan di Thailand. Destinasi tersebut adalah Koh Samui, Koh Phangan, dan Koh Tao.

Bangkok Airways, yang memiliki dan mengoperasikan Bandara Koh Samui dan hampir secara eksklusif merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang diizinkan mendarat di sana menambahkan penerbangan ekstra untuk memenuhi permintaan wisatawan liburan. Kemarin, Jumat, 24 Desember 2021 saja ada 22 penerbangan penuh turis dijadwalkan mendarat di pulau resor itu, dilansir dari laman The Thaiger, Sabtu, 25 Desember 2021.

Lebih dari 2.000 pelancong mendarat di Bandara Samui yang kecil dan tropis. Bangkok Airways melaporkan pesawat yang penuh sesak sepanjang hari. Penerbangan membawa campuran wisatawan asing dan wisatawan domestik Thailand, melarikan diri ke pulau-pulau untuk liburan akhir tahun.

Untuk mencegah pulau-pulau tersebut terhindar dari Covid-19, turis internasional harus menunjukkan dokumen vaksinasi lengkap. Selain itu, mereka juga diharuskan untuk menunjukkan tes RT-PCR negatif dan pelancong Thailand diharuskan membuktikan vaksinasi dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh.

Koh Phangan yang juga berada di Thailand mengalami peningkatan lalu lintas yang tajam. Pemilik hotel melaporkan kamar terjual habis dengan cepat untuk pesta malam tahun baru, terutama di Pantai Haad Rin tempat pesta diadakan. Harga hotel setengah dari harga sebelum pandemi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesta Bulan Purnama

Koh Phangan sukses meluncurkan kembali Pesta Bulan Purnama pada 19 Desember 2021 lalu. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan orang yang tersebar di pantai.

Sementara itu, operator pariwisata lokal telah menyarankan agar Haad Rin, kota kecil di ujung selatan pulau tempat pesta berlangsung, dipisahkan sebagai gelembung perjalanan yang hanya divaksinasi. Namun, proposal tersebut belum mendapatkan perhatian.

Pulau Koh Tao, kiblat selam scuba yang juga dilayani oleh bandara Koh Samui, juga mengalami peningkatan kedatangan turis. Perusahaan scuba melaporkan kedatangan penyelam untuk liburan.

3 dari 4 halaman

Omicron

Seperti diberitakan sebelumnya,  kasus Covid-19 varian baru Omicron juga terjadi di Thailand. Tiga pelancong yang baru-baru ini tiba di Teluk Pantai Koh Samui dan terdeteksi dengan penyakit tersebut.

Melansir dari laman The Thaiger, Senin, 20 Desember 2021, mereka yang terdeteksi Omicron berasal dari dua negara. Dua pelancong merupakan warga negara Inggris dan seorang pelancong dari Belgia.

Ketiganya adalah seorang wanita Inggris berusia 54 tahun, seorang pria Belgia berusia 55 tahun dan seorang pria Inggris berusia 56 tahun. Tiga kasus baru tersebut adalah yang pertama, tidak hanya untuk pulau liburan, tetapi juga yang pertama untuk provinsi Surat Thani. Ketiganya tiba Kamis lalu dengan penerbangan terpisah.

4 dari 4 halaman

[INFOGRAFIS] Kutukan Kudeta di Negeri Gajah Putih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.