Sukses

Mengajak Para Reseller Berwirausaha Sekaligus Memajukan Brand Lokal dan UMKM

Ada ratusan brand lokal dari UMKM Indonesia yang siap jual.

Liputan6.com, Jakarta - KH. Abdurrahman Al-Kautsar, atau yang akrab disapa Gus Kautsar, berbagi cerita dan pesan pada sebuah sesi Silaturahmi online yang dihadiri oleh ratusan pebisnis reseller dari seluruh Indonesia untuk mengawali tahun yang baru. Dalam event bertema, "Tahun Baru, Semangat Baru, Kelas Sultan Prestasiku" tersebut, Gus Kautsar bercerita tentang bagaimana usaha mencari penghidupan dapat bernilai ibadah dan disukai Allah SWT.

KH. Abdurrahman Al-Kautsar, Kiyai muda yang berasal dari Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri, Jawa Timur menyampaikan, "Berusaha, berbisnis, atau bekerja, adalah suatu keharusan setelah menunaikan kewajiban primer yang diperintahkan Allah SWT kepada kita." Kesempatan untuk bersilaturahmi ini beliau sempatkan di tengah kepadatan jadwalnya, karena menurut Gus Kautsar terdapat nilai-nilai kemuliaan bagi para pebisnis dari sudut pandang agama.

"Rasulullah SAW pernah berpesan, orang kalau mau berusaha dengan baik (halal), supaya tidak sampai meminta-minta atau merepotkan banyak orang, dan niatnya dalam berusaha ini untuk menghidupi keluarganya, serta dari awal berniat untuk berbagi dengan orang lain, maka besok di hari akhir dia akan sowan ke hadirat Allah SWT dalam kondisi wajah yang cerah bak bulan purnama," lanjut Gus Kautsar.

Ia kemudian bercerita mengenai bagaimana kita dapat berusaha atau berikhtiar dengan baik. Pertama, kita perlu terus menjalin ikatan dengan Allah SWT, sehingga yang kita lakukan benar-benar berkah dan senantiasa dimudahkan. Kemudian, kita perlu memiliki keinginan yang luar biasa atau 'uluwwul himmah.

Lalu, yang terakhir ,jangan sampai kita mementingkan perbandingan diri dengan orang lain. Namun pentingkanlah bagaimana setiap harinya kita bisa berada dalam kondisi yang lebih diridai oleh Allah SWT, agar menjadi lebih baik untuk diri, keluarga, serta lingkungan kita.

"Saya pikir apa yang dibangun oleh Mas Ghufron dan teman-teman itu luar biasa. Betapa banyak yang Evermos sudah lakukan di bidang lingkungan,sosial, dan juga kemanusiaan," ucap Gus Kautsar kepada Ghufron Mustaqim, selaku CEO dan Co-Founder Evermos, yang menaungi para reseller serta menyelenggarakan event Silaturahmi ini.

"Evermos ingin membuat berwirausaha semakin mudah. Bagi orang-orang yang ingin punya usaha tapi tidak ingin keluar modal dan ribet, bisa bergabung jadi reseller Evermos. Ada ratusan brand lokal dari UMKM Indonesia siap jual. Jadi para reseller bisa berwirausaha sekaligus bersama memajukan brand lokal dan UMKM," sebut Ghufron Mustaqim, yang juga lulusan pondok pesantren, menanggapi ucapan Gus Kautsar. Gus Kautsar merasa bangga dengan santri yang dapat membuat usaha serta membantu orang lain.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Bantuan

Ia mendorong setiap Muslim dan santri untuk ikut giat dalam usaha meningkatkan kapasitas diri, bertebaran di muka bumi mencari anugerah Allah SWT.  Dalam event Silaturahmi ini, Evermos memperkenalkan program #SalingBantu sebagai suatu wadah atau platform yang dapat digunakan oleh para reseller untuk mengusulkan program bantuan. Program bantuan ini dapat diusulkan baik bagi diri pengusul ataupun orang lain, seperti untuk kebutuhan biaya kesehatan, pendidikan, sosial, hingga kewirausahaan.

Usulan program bantuan yang diterima pihak Evermos kemudian akan diverifikasi dan dibagikan melalui Beramal Jariyah, sebuah platform yang memfasilitasi kegiatan zakat, amal, dan donasi, sehingga dapat diketahui oleh banyak orang, termasuk para reseller Evermos.

Setiap ada usulan program bantuan yang terverifikasi dari reseller, akan dikomunikasikan kepada komunitas reseller Evermos. Dengan begitu, reseller dapat saling mengirimkan bantuan berupa doa, penyebarluasan informasi, donasi, atau pun menjadi bagian dari penyalur bantuan.

"Semoga teman-teman Evermos secara keseluruhan diridhoi oleh Allah SWT dan diberikan kemudahan. Saya yakin, jika kita berniat berbagi, Allah akan memudahkan," sambung Gus Kautsar menutup sesinya pada event Silaturahmi Reseller kali ini.

Evermos sendiri merupakan sebuah startup social-commerce berbasis syariah yang ingin mewujudkan ekonomi gotong royong melalui platformnya dalam rangka pemberdayaan ekonomi umat dan membangun kesejahteraan bersama. Berdiri sejak 2018, Evermos saat ini memberdayakan 100.000 reseller untuk menjualkan produk dari 600 merek lebih yang merupakan mayoritas UMKM untuk dapat membukukan omset hingga puluhan milyar rupiah setiap bulannya.

3 dari 3 halaman

Nasib Dunia Usaha Diterpa Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.