Sukses

Siapa Ragnar Oratmangoen yang Kabarnya Akan Memperkuat Timnas Indonesia?

Ragnar Oratmangoen disebut akan jadi salah satu pemain yang dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ragnar Oratmangoen jadi perbincangan publik di sela penyelengaraan Piala AFF 2020. Nama lelaki berusia 23 tahun tersebut mencuat usai pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta pada PSSI untuk menaturalisasi sejumlah keturunan Indonesia di Eropa.

Dihimpun dari beberapa sumber, Rabu (22/12/2021), Ragnar Oratmangoen disebut memiliki darah campuran Indonesia. Kakek dan neneknya dijelaskan berasal dari Maluku.

Namun, ayah Ragnar lahir di Belanda. Nenek moyangnya datang ke Belanda bersama sejumlah orang Maluku pada 1950-an.

Beberapa waktu lalu, Ragnar mengajukan syarat untuk membela Timnas Indonesia. Ia berkeinginan menaikkan level Timnas Indonesia dengan pemain yang berlaga di Eropa.

Saat ini Ragnar Oratmangoen adalah pemain Go Ahead Eagles di Eredivisie atau kasta teratas Liga Belanda. Di sana, ia menempati posisi sayap kanan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Naturalisasi

Sebelumnya, ada empat nama yang mencuat untuk dinaturalisasi, yaitu Sandy Walsh, Kevin Diks, Jordi Amat, dan Mees Hilgeers. Namun, belakangan nama Kevin Diks diganti dengan Ragnar Oratmangoen.

"Karena posisi Kevin Diks dianggap sama dengan Sandy Walsh, akhirnya coach Shin Tae-yong menukar Diks dengan Ragnar Oratmangoen," kata Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani dalam akun media sosialnya.

Sementara posisi Kevin Diks dan Sandy Walsh sama-sama bermain sebagai bek sayap kanan. Menurut Hasani, dari keempat pemain tersebut, hanya Jordi Amat dan Sandy Walsh yang dokumennya telah lengkap 90 persen.

 

3 dari 4 halaman

Tulis Alhamdulillah

Ragnar Oratmangoen memiliki akun Instagram @oratmangoen. Dalam akun media sosialnya, ia menulis "Alhamdulillah". Terakhir ia mengunggah foto dirinya dalam sebuah pertandingan.

" Don't decrease the goal instead increase the effort (Jangan kurangi tujuan, tapi tingkatkan usaha)," tulis Ragnar dalam unggahannya pada 6 Desember 2021.

Di dalam akun Instagram pribadinya, banyak warganet yang menanyakan tentang kesediaan Ragnar Oratmangoen bergabung ke Timnas Indonesia. "COME TO INDONESIA," tulis seorang warganet. "Indonesia bro," komentar warganet yang lain.

4 dari 4 halaman

Infografis Piala AFF 2020 grup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.