Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kahiyang Ayu Pamer Foto Bareng Iriana dan Mertua di Peringatan Hari Ibu

Selain ucapan Hari Ibu dari Kahiyang Ayu, penghargaan arsitektur yang dimenangkan Majid Raya Sumatera Barat juga masuk dalam Top 3 Berita Hari Ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ucapan selamat Hari Ibu yang diunggah Kahiyang Ayu jadi salah satu topik Top 3 Berita Hari Ini. Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Rabu (22/12/2021), Ayang, begitu sapaan akrabnya, berbagi foto keluarga.

Tidak hanya putri sulungnya, Sedah Mirah, dan sang suami, Bobby Nasution, tampak pula ibunda Ayang, Iriana Jokowi, dan ibu mertuanya, Ade Hanifah Siregar. "Terima kasih untuk ibu dan mama," tulisnya singkat sebagai keterangan foto, lengkap dengan emoji hati.

Masih dalam topik populer hari ini, ada juga sosok perancang bangunan Masjid Raya Sumatera Barat, yang mana bangunan tersebut jadi salah satu salah satu pemenang sesi tiga Abdullatif Al Fozan Award 2021. Figur yang dimaksud, tidak lain tidak bukan, adalah Rizal Muslimin.

Melansir laman Simas Kemenag, Rizal adalah pemenang sayembara desain Masjid Raya Sumbar yang diikuti 323 arsitek dari berbagai negara pada 2007. Ia merancang desain arsitektur masjid itu saat masih bekerja di Biro Arsitek Urbane yang didirikan Ridwan Kamil. 

Bahasan terakhir yang menarik perhatian pembaca hari ini masih tentang perhargaan yang diterima Masjid Raya Sumatera Barat. Bersamanya, ada enam masjid lain dari berbagai negara yang memenangkan penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid.

Masjid-masjid lainnya yang berada dalam daftar pemenang, yakni Masjid Basuna di Kegubernuran Sohag, Mesir; Masjid Sancaklar di Istanbul, Turki; Masjid Agung Djenné di Mali; Masjid Raja Abdullah di Riyadh; Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon; dan Masjid Merah di Bangladesh.

Keseluruhan topiknya terangkum dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ringkasannya.

Rayakan Hari Ibu, Kahiyang Ayu Pamer Foto Bareng Iriana Jokowi dan Mertua

Melihat latar belakang, foto yang dibagikan Kahiyang Ayu dalam peringatan Hari Ibu diambil dalam perayaan ulang tahun pertama Sedah Mirah, Agustus 2019 lalu.

Di kolom komentar, ucapan hari ibu tidak hanya dialamatkan pada kedua ibu tersebut, namun juga untuk Ayang, yang notabene merupakan ibu dua anak. Salah satunya menulis, "Selamat Hari Ibu, ibu Kahiyang."

Selengkapnya...

Sosok Desainer Masjid Raya Sumatera Barat yang Menangkan Penghargaan Desain Masjid Terbaik Dunia

Sebagai arsitek di balik Masjid Raya Sumatera Barat, Rizal Muslimin memiliki minat penelitian dalam persimpangan antara kerajinan, arsitektur, dan desain komputasi. Ia menyelidiki logika kerajinan lintas skala dan menggunakannya untuk menemukan kembali cara baru dalam membuat bangunan dengan cara Vitruvian.

Masjid Raya Sumbar jadi karyanya yang paling menonjol. Masjid ini mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau dengan ciri bangunan berbentuk gonjong, serta penggunaan ukiran Minang sekaligus kaligrafi di dinding luar bangunan.

Selengkapnya...

Masjid Raya Sumatera Barat Masuk Daftar Desain Arsitektur Terbaik Dunia, Bikin Bangga 

Melansir laman resmi Simas Kemenag, Masjid Raya Sumatera Barat juga dikenal sebagai Masjid Mahligai Minang. Masjid yang terletak di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat ini jadi salah satu masjid terbesar di Indonesia.

Peletakan batu pertama bangunan tersebut terjadi pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatra Barat saat itu, Gamawan Fauzi. Pengerjaannya dilakukan dalam beberapa tahap yang terkendala karena hanya mengandalkan dana APBD provinsi tersebut.

Selengkapnya...

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini