Sukses

Tips Minum Kopi dalam Esports, Bukan Hanya Bagian Budaya tapi Suatu Keharusan

Kopi pada umumnya kaya akan kafein, yang merupakan bahan ajaib yang membantu kita mengatasi kelelahan seperti saat mengikuti esports.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi termasuk minuman kegemaran banyak orang, dari segala lapisan masyarakat maupun profesi dan pekerjaan. Kopi terrnyata juga termasuk minuman favorit para gamers yang bermain esports.

Mengonsumsi kopi dalam esports bahkan bukan sekadar bagian dari budaya tetapi juga suatu keharusan dalam meningkatkan kinerja dan untuk tetap berada di puncak permainan para gamers.  Hal ini tidak mengejutkan karena banyaknya manfaat yang diberikan kopi dibanding minuman lainnya.

Ada beragam keunggulan dari kopi, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (20/12/2021).  Salah satunya adalah kandungan kafein dalam kopi. Minuman ini sudah ada sejak ratusan tahun, bahkan ribuan lalu dan telah secara konsisten melakukan hal yang sama selama berabad-abad --- membuat peminum merasa segar, energik, fokus, dan bersemangat.

Kopi pada umumnya kaya akan kafein, yang merupakan bahan ajaib yang membantu kita mengatasi kelelahan, tetap fokus bahkan setelah berjam-jam bermain game. Kopi juga bisa meningkatkan refleks kita agar tetap tajam dalam permainan, dan rasanya sangat enak sehingga anda para gamers merasa tak terkalahkan.

Kopi juga tidak mengandung bahan pengawet sehingga dinilai lebih sehat dibandingkan minuman buatan. Kopi juga tidak mengandung banyak pengawet, rasa buatan, dan pewarna. Dengan begitu, tubuh Anda tidak akan berisi banyak bahan kimia yang tidak perlu.

Kelemahan lain dari memilih minuman energi adalah Anda bisa berakhir mengonsumsi 50 gram gula dengan setiap porsi minuman energi buatan. Itu adalah banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bebas Gula

Kalau Anda menghabiskan waktu berjam-jam mengejar kecintaan Anda pada game, maka Anda bisa menghadapi banyak masalah kesehatan karena jumlah asupan kalori dan gula dari minuman tersebut sementara kopi bebas gula membantu mengatur asupan gula tanpa gangguan.

Menyambut kemeriahan Piala Presiden E-sports 2021yang sudah memasuki babak grand final pada 17-19 Desember 2021, JumpStart Coffee meluncurkan produk bertajuk “Coffee for Gamers”. Ada lima varian special blend biji kopi utuh dan kopi drip bag: Double Kill Dose, Furry, Nerf Bold, Xtra Buff dan Eclipse.

"Minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia termasuk para gamers. Untuk itu, kami berkolaborasi bersama para penyelenggara untuk meluncurkan produk coffee beans dan coffee drip pertama di Indonesia yang didedikasikan untuk para gamers," terang Brian Imawan, CEO JumpStart Coffee.

3 dari 4 halaman

Games dan Kopi

Selain itu, JumpStart Coffee membagikan beberapa tips untuk mengonsumsi kopi. Apa saja?

1. Hindari minum kopi larut malam, jadi sebaiknya tidak lebih dari jam waktu makan malam. Alasannya, kopi punya waktu aktif 5-6 jam dari saat dikonsumsi.

2. Biasakan minum kopi tidak lebih dari dua kali sehari. Ini adalah strategi yang baik untuk benar-benar merasakan efek kafein dan menghindari ketergantungan.

3. Efek kafein lebih besar kalau dikonsumsi dalam bentuk anhidrat (bubuk) dibandingkan dengan kopi langsung jadi atau kemasan.

4. Minum kopi untuk saat yang paling penting yaitu sebelum kompetisi atau sebelum pertandingan penting.

5. Saat mengikuti kompetisi, sebaiknya konsumsil sekitar 3-6mg/kg kafein pada 30-90 menit sebelumnya.

6. Sebagian besar gamer cenderung memilih minuman energi. Hal itu tak jadi masalah, tapi banyak dari ramuan ini mengandung jumlah kafein yang jauh lebih tinggi daripada biasanya dan memiliki banyak bahan tambahan lainnya yang hanya ada untuk membuatnya terasa enak.

Sebagai alternatif, tetaplah pada kopi hitam, karena punya lebih banyak manfaat kesehatan dan mudah dilacak dalam hal dosis kafein, yaitu sekitar 50-80mg secangkir.

7. Kenali diri anda dan apa yang berhasil untuk anda. Tiap orang punya tingkat toleransi yang berbeda dalam hal mengonsumsi kopi.

4 dari 4 halaman

Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.