Sukses

Wanita Indonesia ke Salon di Afrika, Jadi Perhatian Karena Rambutnya Lurus dan Bawa Catokan

Wanita Indonesia yang berambut lurus ini hanya bisa memilih berbagai model rambut cornrow yang sangat populer di Afrika.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita asal Indonesia menceritakan pengalaman uniknya saat mencoba jasa salon di sebuah negara di Afrika. Di akun TikTok miliknya @yasmineminemine, ia mengunggah setidaknya tiga video yang semuanya menjadi viral dan sudah disaksikan selama jutaan kali.

Dalam salah satu video yang diunggah pada 17 Desember 2021, ia mengaku terkejut saat memasuki sebuah salon di sana. Tak seperti salon pada umumnya di mana pelanggan dibebaskan untuk memilih potongan dan gaya rambut yang disuka, di sana ia hanya diminta untuk memilih model kepang kecil alias cornrows atau cornrow.

Deretan tipe cornrow tersebut ada di dalam beberapa poster yang tertempel, layaknya salon pada umumnya yang memperlihatkan beragam model potongan rambut. Di Afrika, cornrow memang sangat populer. Bahkan, bukan sekadar gaya rambut biasa untuk mengikuti tren masa kini, tapi juga berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan, mulai dari agama, status, usia, dan identitas diri lainnya.

Masyarakat di Afrika menganggap gaya rambut cornrow sebagai kebudayaan yang punya nilai kultural dan merupakan warisan dari generasi ke generasi. Jadi tak heran jika salon di sana justru menawarkan ragam cornrow yang bisa dipilih.

Tentu saja wanita ini bingung, karena tujuannya ke salon hanya ingin meminta blow, agar rambutnya lebih rapi dan bervolume. Namun pemilik salon yang merupakan seorang ibu-ibu itu tak mengerti apa yang diinginkannya.

"Ke salon di Afrika. Saat masuk, ibunya tanya "mau rambut yang mana?". Gue menjelaskan sebisa gue mau blow simple gitu. Deg-degan. Semoga ibunya ngerti apa yang gue maksud," tulisnya mengawali cerita.

Dalam video selanjutnya, wanita Indonesia ini mengatakan mengurungkan niat untuk menggunakan jasa di salon tersebut. Namun, ia malah ditahan oleh si ibu, yang langsung memanggil anaknya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memanggil Tetangga

Merasa takut dan tidak enak hati, ia pun memilih satu di antara model cornrow di poster. Ia pun hanya bisa berdoa agar hasilnya sesuai dengan ekspektasinya.

Namun sebelum menanganinya, ibu tersebut memanggil banyak tetangganya untuk melihat rambut wanita tersebut, yang menurut mereka sangat jarang dimiliki oleh orang Afrika. Uniknya lagi, ada pula seorang lelaki yang datang membawa kamera untuk merekamnya.

"Karena baru pertama kali ketemu rambut begini, si ibu bingung gimana buatnya. Yang dateng makin rame, rambut gue bagaikan benda kramat, pada rebutan mau liat dan pegang rambut gue," tulis dia.

Saking herannya melihat rambut wanita tersebut, orang-orang di sana bertanya bagaimana bisa memiliki rambut yang indah seperti milik wanita itu. Mereka juga mengatakan orang Afrika biasanya hanya potong rambut sekali dalam delapan tahun.

"Ternyata mereka nggak tau catokan. Momen haru saat gue memperkenalkan catokan yang gw bawa dari Indonesia. Walaupun percobaan nyatok failed tapi buat mereka pegang catokan sebuah kemewahan," terangnya. 

3 dari 4 halaman

Tipe Rambut

Sayangnya, cornrow pada rambut wanita tersebut juga tak bisa dilakukan hingga selesai karena ibu salon merasa kesulitan untuk melakukannya dengan rambut yang lurus.  Cerita ini pun menarik banyak perhatian warganet. Salah satu video yang diunggah pada Sabtu, 18 Desember 2021, bahkan sudah dilihat lebih dari 10,6 juta kali.

Sedangkan video pertama dan kedua masing-masing sudah dilihat lebih dari 7,5 juta dan 2,2 juta kali.  "Jadi di Afrika baru pertama kali liat rambut lurus kali ya? Rata-rata di sono rambutnya kepangan," komentar seorang warganet.

"Lah gue malah pengen punya rambut kek mereka kepangan gitu," timpal warganet lainnya. "Sebenarnya bukan hanya mimpi untuk mereka tapi tipe rambut mereka memang berbeda dari kita. Tapi bukan artinya kita lebih hebat atau wow daripada mereka," tulis warganet lainnya.

Dilihat dari beragam komentar warganet, pemilik akun menyebutkan kalau dia berada di Kenya, sebuah negara di Afrika Timur.

4 dari 4 halaman

Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.