Sukses

Sederet Kebijakan Aneh Kim Jong-un, dari Musik hingga Potongan Rambut

Kim Jong-un kerap memberlakukan kebijakan nyeleneh untuk warga selama memimpin Korea Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara tentu mempunyai kebijakan yang berbeda-beda, begitu juga dengan Korea Utara di bawah pimpinan Kim Jong-un. Terbaru, Kim melarang warganya tertawa selama periode berkabung selama 11 hari.

Hal tersebut untuk mengenang 10 tahun kematian ayah Kim Jong-un, Kim Jong Il. Ia merupakan mantan pemimpin Korea Utara yang meninggal dunia pada 17 Desember 2011.

Korea Utara adalah rezim totaliter yang mengikuti aturan yang berbeda dari seluruh dunia. Negara ini menyimpan banyak rahasia dan memiliki banyak hukum yang aneh.

Kesehatan pemimpin Korea Utara bukan satu-satunya hal yang dijaga ketat di negara yang terisolasi itu. Contohnya mengenai kesehatan Kim Jong Un saat tampil lebih kurus.

Berikut beberapa kebijakan Kim Jon-un yang dinilai tak biasa, seperti dilansir dari laman TimesNowNews, Jumat, 17 Desember 2021.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendengarkan Musik Asing atau Menonton Film dalam Bahasa Asing

Mendengarkan musik asing atau menonton film dalam bahasa asing dianggap sebagai tindakan kriminal. Pada 2015, Kim Jong Un mengeluarkan dekrit untuk menghapus semua kaset dan CD yang berisi lagu-lagu yang dilarang negara untuk memuat perbedaan pendapat. Hukuman tergantung pada tempat asal film: seseorang yang menonton film Amerika dapat dieksekusi, sementara menonton film India dapat menyebabkan hukuman penjara. Menyebarkan pornografi juga dapat menyebabkan hukuman mati.

Tidur dalam Rapat

Tertidur dalam rapat sementara Kim berbicara bisa mendapatkan hukuman mati. Menteri Pertahanan Korea Utara Hyon Yong-chol dieksekusi pada 2015 dengan senjata anti-pesawat di depan lebih dari 100 orang karena tertidur dalam salah satu acara Kim Jong Un.

Tidak Menghormati Keluarga

Siapa pun yang tidak menghormati keluarga Kim Jong Un, pemerintah Korea Utara, atau politisi dianggap sebagai tindakan penistaan ​​dan dapat dikenakan hukuman berat. 

Pejabat Laki-Laki yang Mengemudi

Hanya pejabat pemerintah laki-laki yang boleh mengemudi. Perempuan tidak diberi izin mengemudi, meskipun bekerja sebagai petugas lalu lintas. Pembatasan pemerintah memungkinkan hanya satu dari seratus orang untuk memiliki mobil.

 

3 dari 4 halaman

Dilarang Tertawa

Pada 8 Juli 1994, ketika Presiden Korea Utara Kim Il-sung meninggal pada 1994, tersenyum sangat dilarang. Berbicara keras, menari atau minum alkohol pada hari itu dilarang. 

Tak Boleh Pakai Jeans

Orang tidak diperbolehkan memakai jeans karena dianggap sebagai simbol kapitalisme. Wanita yang memakai rok harus menutupi lutut. Mengenakan bikini adalah larangan yang ketat.

Tiga Saluran Televisi

Korea Utara hanya menawarkan tiga saluran televisi untuk dipilih orang dan semuanya dikendalikan oleh pemerintah.

Potongan Rambut

Pada 2013, Kim Jong Un merilis daftar potongan rambut yang diperbolehkan di negara tersebut. Ada 28 (18 untuk wanita, 10 untuk pria) gaya rambut yang disetujui negara yang dapat dipertahankan orang.

4 dari 4 halaman

Infografis Misteri Kabar Kematian Kim Jong-un

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.