Sukses

Eksis Usai Setahun Menghilang, Melania Trump Luncurkan NFT Perdana Berharga Rp2,2 Juta

Melania Trump mengaku akan meluncurkan NFT secara reguler.

Liputan6.com, Jakarta - Melania Trump akhirnya eksis lagi usai keluar dari Gedung Putih setahun lalu. Ia mengumumkan penjualan NFT (non-fungible token) yang berjudul Melania's Vision.

NFT merupakan sebutan bagi karya seni digital yang terhubung dengan blockchain, basis data digital yang mendukung cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereum. Banyak brand terkenal ikut dalam tren ini karena dinilai menjanjikan.

"Aku bangga mengumumkan NFT baru saya, yang mewujudkan hasrat saya terhadap seni, dan akan mendukung komitmenku yang telah berjalan untuk anak-anak melalui inisiatif Be Best," ujar Melania dalam pengumuman tertulis yang diunggahnya di akun Instagram, Jumat (17/12/2021).

NFT yang diluncurkan Melania berupa gambar sepasang mata yang berwarna biru kobalt yang diwarnai cat air karya Marc-Antoine Coulon. Menurut rilis dari kantornya, NFT itu juga memasukkan rekaman audio istri Donald Trump yang berisi pesan harapan.

Karya seni mantan ibu negara AS itu diperkirakan akan berharga 150 dolar AS atau sekitar Rp2,2 juta. NFT itu akan bisa dibeli mulai 16--31 Desember 2021 dengan menggunakan mata uang kripto SOL maupun kartu kredit.

Dikutip dari The Guardian, Melania berencana mengeluarkan NFT secara reguler. Ia menyatakan melalui platform berbasis teknologi itu, ia akan menyalurkan sebagian hasil penjualan untuk memfasilitasi anak-anak panti asuhan dengan keterampilan komputer, termasuk pemrograman dan pengembangan software.

Hal itu sebagai bekal mereka bila terjun ke dalam masyarakat. Namun, rilis itu tidak menjelaskan sebagian hasil penjualan lainnya akan digunakan untuk apa. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gabung Deretan Selebriti

Dalam rilis tersebut, Melania juga menjanjikan akan menggelar lelang unik yang bersejarah pada bulan depan. Lelang itu akan mencakup tiga elemen, yakni karya seni digital, karya seni fisik, dan aksesori fisik unik.

Ia bergabung dalam deretan pesohor yang menawarkan memorabilia digital yang menggoda. Awal tahun ini, pesepakbola Argentina Lionel Messi, atlet Jamaika, Usain Bolt, dan pemain football AS Tom Brady lebih dulu meluncurkan koleksi NFT pribadi mereka. Begitu pula dengan Justin Bieber dan grup K-Pop BTS.

Melania bukan ibu negara AS pertama yang menunjukkan kecintaan pada seni. Jackie Kennedy lebih dulu terkenal sebagai pecinta seni yang pernah bernegosiasi agar karya lukis Leonardo da Vinci dipamerkan sementara di Washington dan New York. Sementara, Michelle Obama pernah menjadi objek lukisan seniman Amy Sherald yang berhasil menarik perhatian masyarakat AS.

3 dari 4 halaman

Respons Publik

Pengumuman tersebut disambut baik oleh penggemarnya. Namun, sebagian publik lain menanggapinya dengan skeptis.

Novelis Richard Hine mencuitkan komentar tajam soal itu di Twitter. "Aku tak bilang kebanyakan NFT adalah penipuan yang dioperasikan oleh para pencuri dan pencuci uang. Saya hanya mengatakan Melania Trump meluncurkan #NFT."

Melania Trump mulai menarik diri dari hadapan publik setelah suaminya tidak lagi terpilih menjadi Presiden AS. Namun, publik masih mengingat sosoknya yang mengenakan jubah hijau lumut bertuliskan 'I Really don't care. Do U?' saat mengunjungi anak-anak di kamp pengungsian di perbatasan negara itu.

4 dari 4 halaman

Presiden Donald Trump

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.