Sukses

Keindahan Nusa Penida di Bali yang Tak Pernah Pudar

Nusa Penida jadi salah satu destinasi wisata yang juga banyak dikunjungi wisatawan domestik dan luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar, nama Nusa Penida kembali jadi pembicaraan usai banjir pada Senin, 13 Desember 2021. Sejumlah rumah tergenangi banjir setinggi 1,5 meter.

Peristiwa banjir yang melanda Nusa Penida terjadi akibat curah hujan yang cukup tingggi pada Senin, 13 Desember 2021 dini hari. Obyek wisata Crsytal Bay yang berada di Nusa Penida ikut mengalami kerusakan.

Nusa Penida berasal dari dua suku kata Nusa dan Penida. Nusa bermakna pulau, sedangkan penida berati pendeta. Hingga kini keindahan Nusa Penida tak pernah pudar.

Selain Crystal Bay, Nusa Penida memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Tak jauh berbeda dengan obyek wisata lainnya di Bali, Nusa Penida juga dikenal ke mancanegara.

Nusa Penida juga dikenal sebagai obyek wisata spiritual di Bali. Di sana terdapat banyak pura.

Ada pun jenis pura yang ada di Nusa Penida adalah Pura Kahyangan. Ada juga Pura Tirta yang berfungsi pengelolaan air, Pura Puseh yang dipersembahkan untuk memuja Wisnu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Destinasi Wisata

Pantai Kelingking merupakan ikon wisata di Nusa Penida. Pengunjung dapat menikmati pantai tersebut dari atas ketinggian.

Dari ketinggian Pantai Kelingking, pengunjung bisa melihat pemandangan tebing paluang dengan keindahannya yang memesona. Mereka juga bisa meliaht kapal yang karam.

Pantai Banah berada di wilayah Banjar Salak, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Usai mengunjungi pantai tersebut, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Mata Air Tembeling.

3 dari 4 halaman

Objek Wisata Selain Pantai

Tak hanya pantai, Nusa Penida juga memiliki obyek wisata yang indah, salah satunya adalah Gua Giri Putri. Gua Giri Putri memiliki bangunan pura di gua.

Gua tersebut sebagai lokasi pemujaan terhadap Dewa Siwa yang dipercaya untuk memelihara dan merawat manusia. Panjang Gua Giri Putri adalah sekitar 262 meter dan ada di 150 meter di atas permukaan laut atau mdpl.

Di Nusa Penida juga terdapat bukit yang diberi nama Bukit Teletubbies. Dinamakan Bukit Teletubbies karena seperti bukit yang terdapat dalam serial teletubbies.

4 dari 4 halaman

Infografis Bali Siap Sambut Kedatangan Kembali Wisatawan Mancanegara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.