Sukses

Sosok Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu yang Dukung Pemberdayaan Perempuan

Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021 di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021 waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil India Harnaaz Sandhu berhasil menyabet mahkota Miss Universe 2021. Kontes kecantikan ke-70 tersebut digelar di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021, waktu setempat.

Sandhu mantap mengungguli dua kontestan lain di Top 3 Miss Universe 2021, yakni 1st Runner-Up Nadia Ferreira (Paraguay) dan 2nd Runner-Up Lalela Mswane (Afrika Selatan). Langkah Harnaaz dimulai ketika ia berhasil menembus posisi Top 16.

Ia sempat berada di posisi ini bersama wakil dari Prancis, Kolombia, Singapura, Panama, Puerto Riko, Bahama, Jepang, Inggris Raya, Amerika Serikat, Vietnam (pilihan penggemar), Aruba, Paraguay, Filipina, Venezuela, dan Afrika Selatan. Usai pengumuman, para kontestan bersiap untuk pertunjukan sesi pakaian renang.

Setelahnya diumumkan Top 10 yang meloloskan wakil Aruba, Kolombia, Prancis, India, Paraguay, Filipina, Puerto Riko, Afrika Selatan, Bahama, dan Amerika Serikat. Langkah Sandhu kian melesat ketika ia menjadi salah satu nama yang dipanggil di Top 5.

Para kontestan yang lolos Top 5 menjawab pertanyaaan dalam sesi Q&A. Mereka dihadapkan pada pertanyaan secara acak dengan penerjemah yang akan disediakan bagi mereka yang membutuhkan.

Kontestan yang melaju ke Top 3 Miss Universe 2021 adalah wakil India Harnaaz Sandhu, wakil Paraguay Nadia Ferreira, dan wakil Afrika Selatan Lalela Mswane. Mereka mengikuti tantangan Final Question dan masing-masing diberi waktu 30 detik untuk menjawab pertanyaan yang sama.

"Nasihat apa yang akan Anda berikan kepada remaja putri yang menonton tentang bagaimana menghadapi tekanan yang mereka hadapi saat ini?" demikian bunyi pertanyaan di Final Question tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jawaban Wakil India

Harnaaz Sandhu menjawab pertanyaan tersebut dengan tenang sembari melihat ke arah penonton. Menurutnya, tekanan terbesar anak muda saat ini adalah percaya pada diri sendiri dan perlu membuat diri lebih baik.

"Berhenti membandingkan Anda dengan orang lain dan mari kita bicara tentang hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia," jawabnya tegas.

Sandhu mengajak anak muda untuk memahami dan bicara karena mereka adalah pemimpin hidup mereka sendiri. "Anda adalah suara Anda sendiri, saya percaya pada diri saya sendiri dan itulah mengapa saya berdiri di sini hari ini," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Mengenal Harnaaz Sandhu

Dikutip dari laman resmi Miss Universe, Senin (13/12/2021), Harnaaz terinspirasi dari ibunya, yang mematahkan generasi patriarki untuk menjadi ginekolog yang sukses dan memimpin keluarganya. Didorong untuk mendukung perempuan lain dengan cara yang sama, Sandhu tumbuh bersama ibunya di kamp kesehatan yang menangani kesehatan perempuan dan kebersihan menstruasi.

Sandhu sangat sadar akan hak istimewa yang diberikan oleh perjuangan ibunya yang membuat dirinya hari ini sebagai pendukung kuat pemberdayaan perempuan, khususnya hak konstitusional mereka untuk pendidikan, karier, dan kebebasan memilih. Secara profesional, Sandhu adalah aktor dengan dua LMS Punjabi yang dijadwalkan rilis pada 2022.

Perempuan berusia 21 tahun ini berharap dapat menulis karakter dalam LMS yang mematahkan stereotip tentang perempuan. Aktris favoritnya adalah Priyanka Chopra dan mendapat inspirasi dari karyanya.

Kala senggang, Sandhu menikmati kebersamaan dengan teman-teman, menyukai yoga, menari, memasak, menunggang kuda, dan bermain catur. Ia sangat suka renang dan tidak pernah melewatkan kesempatan untuk melompat ke kolam.

Sandhu percaya pada pepatah, "Hal-hal besar terjadi pada mereka yang tidak berhenti percaya, berusaha, belajar, dan bersyukur."

4 dari 4 halaman

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.