Sukses

Profil Wali Kota Bandung Oded Muhamad Danial yang Meninggal Terkena Serangan Jantung

Semasa hidup Oded Muhamad Danial dikenal sosok yang rajin ibadah dan berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Jawa Barat, Wali Kota Bandung, Oded M Danial meninggal dunia, Jumat (10/12/2021). Ia meninggal dunia setelah sebelumnya sempat mendadak jatuh saat mengisi khutbah Jumat di Masjid Raya Muhajahidin, Bandung.

Setelah pingsan, Oded dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah, Kota Bandung. Meski sempat dirawat, nyawa Mang Oded, sapaan akrabnya, tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Semasa hidup, Oded dikenal sosok yang religius. Selain membaca Alquran, ia juga selalu berusaha menamatkan Alquran setiap bulan.

"Sekarang selalu sempatkan diri baca Alquran walaupun setengah juz. Bisa di mana saja, di rumah atau pas di mobil perjalanan kampanye. Pada prinsipnya dalam 30 hari 30 juz," ujarnya, dikutip dari kanal Bola Liputan6.com.

Selain rajin beribadah, Oded juga dikenal sosok yang rajin berolahraga. Ia selalu meluangkan waktu berolahraga bersama istrinya, Siti Muntamah, di Lapangan Sabuga.

"Saya setiap Jumat dan Senin suka jalan serta lari di sini (Sabuga) atau Pajajaran," kata pria yang akrab disapa Mang Oded itu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tenis Meja

Pria kelahiran Tasikmalaya 15 November 1962 ini juga sering bermain tenis meja di rumahnya di kawasan Cimindi. Ia beralasan, selain tidak terlalu berat, olahraga tersebut juga tidak membutuhkan lapangan yang luas.

"Ya pingpong itu saya senang karena lingkupnya kecil, ceria, dan loba seseurianna (banyak tertawa). Ya ini untuk jaga stamina saya," ucap Mang Oded.

Selain berolaraga, almarhum juga rajin mengonsumsi madu sebanyak tiga sendok dan minum air putih hangat dua gelas setiap bangun tidur. "Setelah itu saya dibikinkan perasan jeruk lemon dan ini juga bikin badan segar," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Keluarga Santri

Mang Oded dikenal sebagai sosok yang berasal dari keluarga santri dan suka berdakwah. Bahkan, kegiatan itu ia lakukan hingga akhir hayatnya.

Ia juga sering menjadi imam salat Jumat di sejumlah masjid di Bandung. Ia menyebutnya dengan Jumat Keliling atau Jumling.

Hal itu sudah lama ia lakukan, terutama sejak dilantik menjadi wali kota Bandung. Ia merupakan politikus dari PKS.

4 dari 4 halaman

Infografis Bandung Lautan Api

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.