Sukses

Para Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dari Konten Kreatif sampai Toilet Umum Terbaik

Dari target 700, peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ternyata mendapat sambutan luar biasa dan diikuti oleh 1.831 desa wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan para pemenang desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021. Dalam ajang ini ada tujuh kategori desa wisata terbaik di Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengatakan gelaran bertajuk "Indonesia Bangkit" ini merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia.

"Semua berawal dari sebuah program desa wisata yang awalnya tidak terlalu percaya bahwa akan mendapatkan respons yang begitu luar biasa. Waktu kita memulai, teman-teman bilang turunin target menjadi 300 dari yang tadinya 700 desa supaya enggak dikecewakan," ucap Sandiaga Uno dalam Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia yang disiarkan di akun YouTube Kemenparekraf, Selasa, 7 November 2021.

"Alhamdulillah setelah berjuang dan melakukan sosialisasi ternyata bisa menembus ekspektasi. Bukan 700, tapi (diikuti oleh) 1.831 desa wisata. Ini adalah sebuah program visitasi menjadi program spiritual. Saya meyakini bahwa desalah yang membangun Indonesia," lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa desa wisata diharapkan dapat mendorong pemulihan pariwisata Indonesia. "Atas nama presiden, kami mengapresiasi ajang ADWI bertajuk desa wisata bangkit. Kami berharap acara ini bisa jadi wahana promosi bagi wisatawan domestik agar dapat mengembangkan wisata baru sebagai pengungkit ekonomi desa dan daerah," tutur Airlangga.

"Saya berterima kasih kepada 1.831 desa yang telah berpartisipasi dalam ajang ini. Semoga penghargaan ini bisa mewujudkan desa yang berkelas, berdaya saing dan berkelanjutan," lanjutnya.

Airlangga berharap, desa-desa wisata terbaik ini juga bisa mendorong agar desa ini bisa bersinergi dengan 10 destinasi prioritas termasuk yang super prioritas sehingga pengembangan pariwisata bisa berjalan lebih baik lagi.

Ada tujuh kategori penilaian yang ditetapkan, yaitu homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability), konten kreatif, serta daya tarik wisata. Selain itu, panitia pun membuat kategori berdasarkan skala pengembangan, yakni desa wisata rintisan, berkembang, dan maju.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Pemenang Desa Wisata Terbaik ADWI 2021:

5 Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif

- Juara 1 Desa Wisata Carangsari, Badung, Bali

- Juara 2 Desa Wisata Gegesik Kulon, Cirebon, Jawa Barat

- Juara 3 Desa Wisata Lembang Nonongan, Toraja Utara, Sulsel

- Juara 4 Desa Wisata Kampung Yoboi Jayapura, Papua

- Juara 5 Desa Wisata Huta Tinggi, Samosir, Sumut

 

 

 

5 Desa Terbaik Kategori Desa Digital

- Juara 1 Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur

- Juara 2 Desa Wisata Alamendah Bandung, Jawa Barat

- Juara 3 Desa Wisata Apar, Pariaman, Sumatera Barat

- Juara 4 Desa Wisata Tinalah, Kulon Progo, Yogyakarta

- Juara 5 Desa Wisata Sukarame, Pandeglang, Banten

 

5 Desa Terbaik Kategori Homestay

- Juara 1 Desa Wisata Nusa, Aceh Besar, Aceh

- Juara 2 Desa Wisata Ranupani, Lumajang, Jawa Timur

- Juara 3 Desa Wisata Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

- Juara 4 Desa Wisata Saribu Gonjong, Lima Puluh Kota Sumatera Barat

- Juara 5 Desa Wisata Sangiran, Sragen, Jawa Tengah

 

5 Desa Wisata Terbaik Kategori Toilet Umum

- Juara 1 Desa Wisata Serang, Blitar, Jawa Timur.

- Juara 2 Desa Wisata Liya Togo, Wakatobi, Sulawesi Tenggara

- Juara 3 Desa Wisata Saung Ciburial, Garut, Jawa Barat

- Juara 4 Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah, NTB

- Juara 5 Desa Wisata Cisande Kampung Raden, Sukabumi, Jawa Barat

 

5 Desa Wisata Terbaik Kategori Suvenir

- Juara 1 Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar, Jawa Tengah

- Juara 2 Desa Wisata Koto Mesjid, Kampung Pating, Kampar, Riau

- Juara 3 Desa Wisata Cikakak, Banyumas, Jawa Tengah

- Juara 4 Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Tanah Datar, Sumatera Barat

- Juara 5 Desa Wisata Kole Sawangan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan

 

5 Desa Wisata Terbaik Kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability)

- Juara 1 Desa Wisata Kampung Betawi, DKI Jakarta.

- Juara 2 Desa Wisata Rejowinangun, Yogyakarta

- Juara 3 Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong, Mojokerto, Jawa Timur

- Juara 4 Desa Wisata Sesaot, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

- Juara 5 Desa Wisata Ekowisata Burai, Ogan Ilir, Sumatera Selatan

 

5 Desa Wisata Terbaik Kategori Daya tarik Wisata

- Juara 1 Desa Wisata Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

- Juara 2 Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua

- Juara 3 Desa Wisata Sanankerto, Malang, Jawa Timur

- Juara 4 Desa Wisata Senaru, Lombok Utara, NTB

- Juara 5 Desa Wisata Sungai Batang, Agam, Sumatera Barat

 

3 dari 4 halaman

Desa Wisata Terbaik Dunia

Para pemenang membawa pulang trofi dan hadiah uang Rp30 juta untuk juara 1 di setiap kategori, Rp25 juta untuk juara kedua, Rp20 juta untuk juara ketiga, Rp15 juta untuk juara keempat dan Rp10 juta untuk juara kelima.

Selain itu, ada pula kategori khusus yaitu Desa Wisata Terfavorit ADWI 2021 yang merupakan pilihan warganet dalam vote video YouTube. Desa Cikolelet meraih lebih dari 75 ribu likes yang dilaksanakan 1--5 Desember 2021. Trofi diberikan langsung oleh Sandiaga Uno. Atas penghargaan ini, Cikolelet mendapat dana pengembangan Rp50 juta.

Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf, jajaran juri, terutama masyarakat Banten. Ia menilai, penghargaan ADWI 2021 akan menjadi penyemangat dirinya bersama masyarakat untuk lebih lagi meningkatkan Desa Cikolele

Malam puncak ADWI 2021 digelar secara hybrid. Acara dihadiri para tamu undangan, termasuk kepala daerah, dan para perwakilan desa wisata dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Selain itu, ADWI 2021 dimeriahkan oleh selebritas Indonesia, di antaranya Krisdayanti, Aurel Hermansyah, Atta Halilintar, DJ Beauz, Nassar, Alffy Rev, Novia Bachmid serta duet presenter Raffi Ahmad dan Ayu Dewi.

Di akhir acara, Sandiaga juga mengumumkan bahwa Desa Nglanggeran meraih penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 atau Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO), mengalahkan desa-desa terkenal dari berbagai negara di dunia. Desa Nglanggeran merupakan desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta.

4 dari 4 halaman

4 Fungsi Posko Tangguh Covid-19 Tingkat Desa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.