Sukses

Hotel Milik Lionel Messi di Barcelona Terancam Dibongkar

Bangunan hotel yang sudah dibeli Lionel Messi itu ternyata bermasalah karena dianggap melanggar aturan pemerintah setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Nasib sial dialami pesepak bola Lionel Messi. Baru saja meraih gelar Ballon d'Or atau Pemain Terbaik Dunia untuk ketujuh kali sepanjang kariernya, bisnis hotel miliknya justru terancam 'ambruk'.

Usai mendapat gelar bergengsi dalam dunia sepak bola, hotel bintang empat miliknya di Barcelona, Spanyol, terancam dibongkar oleh pemerintah setempat, karena dianggap telah melanggar aturan. Dilansir dari Euro Weekly News, 4 Desember 2021, di 2017 Lionel Messi sempat membeli hotel MiM Sitges yang berlokasi di Sitges, Barcelona.

Menurut laporan tersebut, Messi membeli hotel itu dari seorang pengusaha bernama Francisco Sanchez Rodriguez. Kala itu pria asal Argentina tersebut harus mengeluarkan uang sebesar 30 juta eruo atau sekitar Rp498 miliar.

Namun ternyata, bangunan hotel yang sudah dibelinya empat tahun lalu itu, belakangan terungkap bermasalah karena dianggap melanggar aturan pemerintah. Dewan Kota Sitges bahkan sudah mengambil keputusan, yaitu memerintahkan pembongkaran hotel secara paksa karena dinilai tak patuh terhadap aturan bangunan.

Masalah bermula dari pengembang yang tidak mematuhi batas yang ditetapkan Dewan Kota terkait izin pembangunan hotel. Sanchez Rodriguez awalnya mengajukan permohonan izin bangunan kepada Dewan Kota pada 2009.

Pada Oktober tahun tersebut terbit izin pembangunan. Namun proses pengerjaan bangunan baru dimulai pada 2011 dan selesai pada 2013, inilah yang dipermasalahkan Dewan Kota Sitges.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dianggap Terlambat

Selain itu kesalahan pembangunan pada balkon yang terlalu menonjol juga menjadi masalah tersendiri, karena dianggap melanggar aturan. Meski begitu, Sanchez tak patah arang dan mencoba mengirim kembali rencana pembangunan hotel dalam jangka waktu dua tahun setelahnya.

Sikap Sanchez dianggap sudah terlambat karena pemerintah setempat sudah terlanjur mengeluarkan perintah pembongkaran. Menurut laporan yang sama, Messi disebut sudah mengurus permasalahan yang berkaitan dengan 77 kamar hotel miliknya itu.

Hotel itu sebelumnya mendapatkan pujian karena dinilai ramah lingkungan. Delapan puluh persen material yang digunakan untuk bangunan berasal dari bahan daur ulang. Selain itu, hotel tersebut juga memiliki fasilitas daur ulang air yang mumpuni.

3 dari 4 halaman

Jaringan Hotel Messi

Messi yang kini bermain di klub Prancis, Paris Saint-Germain atau PSG, memiliki jaringan hotel bernama MIM Hotels. Dilansir dari Marca, sudah ada empat hotel yang dimilikinya yaitu MIM Sitges di Barcelona, MIM Ibiza di Ibiza, dan MIM Mallorca di Mallorca yang semuanya berlokasi di Spanyol.

Di pertengahan tahun ini, Lionel Messi membeli hotel mewah di Andorra bernama Casa Canut. Casa Canut tertelak di wilayah Andorra, yakni Carlemany de Escalades-Engordany.

Hotel kelas atas ini mempunyai 31 kamar super mewah. Messi berniat membuat Casa Canut menjadi salah satu hotel terbaik di Andorra lagi setelah sempat mengalami kerugian besar akibat pandemi Covid-19.

Pria berusia 34 tahun itu memilih berinvestasi di Andorra tak hanya lokasinya dekat dengan Spanyol, tetapi karena salah satu negara kecil di Eropa dan bahkan di dunia tersebut memang menjadi magnet bagi banyak wisatawan.  Hotel-hotel milik Messi itu disebut khusus untuk dewasa dengan tarif menginap termurah sekitar Rp2 juta per malam.

4 dari 4 halaman

Isolasi Mandiri di Hotel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.