Sukses

Tips Tetap Bisa Memasak Saat Gas Habis dan Dompet Tipis

Terkadang ada masa di mana uang menipis sementara gas untuk memasak tiba-tiba habis. Simak cara menyiasatinya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini hampir semua orang memasak dengan menggunakan kompor gas. Isi tabung pas pun beragam ukurannya, bergantung pada kebutuhan tiap orang. Namun terkadang ada masa uang menipis sementara gas untuk memasak tiba-tiba habis.

Seorang perempuan membeberkan solusi saat gas habis dan tak punya cukup uang untuk membeli gas yang sering ia lakukan. Informasi tersebut ia bagikan melalui akun TikTok @resep_inspirasi_debm.

"Tips masak saat gas dan lipstik habis," tulisnya dalam keterangan video.

"Kalau lagi tanggal tua, nggak punya duit terus gas habis, mau masak telur nggak bisa. Ini cara yang aku pakai," lanjutnya, dilansir dari unggahannya pada 5 Desember 2021. Dalam video itu tampak sebuah cobek batu dengan diameter cukup besar.

Ia kemudian menaruh tisu di atasnya dan menyiramnya dengan minyak goreng. Tisu tersebut dibakar menggunakan korek api.

Selanjutnya, wanita ini meletakkan tatakan kompor di atas cobek tersebut dan mengelilingi api yang menyala. Tisu yang disiram minyak itu ternyata ia alih fungsikan menjadi api kompor.

Ia kemudian menaruh penggorengan di atasnya dan mulai menuangkan minyak goreng. Setelah minyak goreng panas, wanita ini memecahkan telur di penggorengan untuk membuat telur mata sapi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Ditiru

Benar saja, telur mata sapi yang ia buat matang dengan sempurna. "Yakin 100 persen bisa matang dan bisa ditiru buat kalian yang lagi kanker (kantong kering) juga," katanya. 

Selain telur mata sapi, ia juga menggoreng bawang merah, bawang putih, dan cabai untuk dibuat sambal. Sambal itu nantinya akan dimakan bersama dengan telur. Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet.

Beragam komentar memenuhi unggahan ini.  "Wah oke nih, bermanfaat banget pas nggak punya duit. Terima kasih ya bund," komentar seorang warganet.

"Awalnya gue kira dia mau ngulek tisu, ternyata bikin kompor dadakan," tulis warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, video tersebut jadi viral dan sudah ditonton lebih dari 14 juta kali.

3 dari 4 halaman

Menakar dengan Cangkir

Di media sosial memang banyak beredar sejumlah tips untuk memasak, misalnya saja tips memasak nasi. Walaupun sudah sering memasak nasi, terkadang sulit sekali rasanya untuk menakar seberapa banyak nasi yang harus dimasak.

Komposisi antara beras dan air yang akan dimasak juga sering jadi masalah tersendiri. Sebuah video di TikTok pada bulan lalu sukses mencuri perhatian karena memberikan tips berguna untuk memasak nasi secukupnya.

Video tersebut diunggah oleh akun @mysumber.Video yang diketahui berasal dari Malaysia ini menjelaskan cara memasak nasi menggunakan mug atau cangkir.  Ada lima langkah untuk memasak nasi dengan praktis.

1. Cuci beras.

2. Masukkan air ke dalam gelas berisi beras dengan perbandingan 2:1, yaitu air 2 beras 1.

3. Masukkan cangkir berisi nasi ke dalam rice cooker.

4. Masukkan air ke dalam rice cooker listrik.

5. Kemudian tekan cook dan tunggu selama kurang lebih 20 menit.

Hasilnya bisa dilihat, pria itu berhasil memasak nasi hanya seukuran cangkir dan cukup untuk sekali makan. Cara ini selain praktis, bisa menghemat beras dan memudahkan orang untuk mencuci tempat rice cooker-nya, karena tidak berkerak.

4 dari 4 halaman

7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.