Sukses

Miss Grand Vietnam Nguyen Thuc Thuy Tien Dimahkotai Miss Grand International 2021

Di sisi lain, perjalanan wakil Indonesia, Sophia Rogan, di Miss Grand International 2021 harus terhenti pada Top 10.

Liputan6.com, Jakarta - Miss Grand Vietnam, Nguyen Thuc Thuy Tien, resmi dinobatkan sebagai Miss Grand International 2021 dalam puncak acara yang terselenggara di Bangkok, Thailand, Sabtu malam (4/12/2021). Sesuai tradisi, mahkota itu disematkan Miss Grand International sebelumnya, Abena Appiah.

Thuy Tien berhasil mengungguli keempat finalis di babak lima besar. Mereka adalah Miss Grand Afrika Selatan Jeanè Van Dam yang menempati 4th runner up, disusul Miss Grand Puerto Rico Vivianie Diaz Arroyo pada posisi 3rd runner up, sementara 2nd runner up jatuh pada Miss Grand Brasil Mineira Lorena Rodriguez.

Miss Grand Ekuador Andrea Aguilera dinobatkan sebagai 1st runner up.  Sebelum memenangkan mahkota, ia dan Miss Grand Ekuador harus menjawab pertanyaan tie-breaker.

Ditanya mengapa ia harus jadi Miss Grand International 2021, Thuy Tien berbicara dalam bahasa Thailand, menambahkan dalam Bahasa Inggris, "Saya siap untuk menang. Saya siap berada di Thailand selama satu tahun."

Sedangkan wakil Indonesia, Sophia Rogan sempat masuk babak 10 besar, namun langkahnya terhenti dalam seleksi lima besar Miss Grand International 2021. Selain mahkota kemenangan, ada pula gelar lain yang diperebutkan.

Best National Costume diberikan pada finalis asal Malaysia, Peru, dan Angola. Gelar Best in Swimsuit diboyong Miss Grand Puerto Rico Vivianie Diaz Arroyo. Miss Grand Thailand Indy Johnson memenangkan Best in Evening Gown dan Miss Popular Vote Award jadi milik Miss Grand Kamboja Sothida Pokimtheng.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Jadi Tuan Rumah Miss Grand International 2022

Di malam puncak Miss Grand International 2021, pihaknya juga mengumumkan negara tuan rumah penyelenggaraan kontes kecantikan itu pada 2022. Oktober tahun depan, Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah Miss Grand International 2022.

Ivan Gunawan, direktur nasional Yayasan Dunia Mega Bintang, yang menaungi Miss Grand Indonesia, naik ke atas panggung dalam penunjukan itu. Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberi kata sambutannya melalui rekaman video.

Sandi menyebut bahwa Indonesia siap menyambut penyelenggaraan edisi ke-10 ajang kecantikan tersebut. Ia juga menyinggung betapa keberagaman adalah bagian dari kultur Indonesia yang mengakar.

3 dari 4 halaman

Siapa Nguyen Thuc Thuy Tien?

Mengutip Inside Paegant, Nguyen Thuc Thuy Tien secara resmi ditunjuk sebagai Miss Grand Vietnam 2021 oleh organisasi tersebut. Pengumuman itu dilakukan di media sosial melalui video pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Ia menggantikan Miss Grand Vietnam 2020, Thao Le Ngoc Nguyen. Ratu kecantikan berusia 23 tahun itu menunjukkan kemampuan bahasa asing yang impresif ketika jadi MC di sejumlah acara besar, termasuk karpet merah Miss Vietnam 2020.

Selain itu, Thuy Tien memiliki banyak keterampilan lain seperti menyanyi, menari, dan kemampuan catwalk yang menawan.

Thuy Tien tidak asing dengan kontes kecantikan. Ia sebelumnya berada dalam Top 5 Miss Vietnam 2018 dan mewakili negaranya di Miss International 2018.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.