Sukses

Kejanggalan Pengakuan Pria Mengaku Beli Nasi Padang Rp1 Juta untuk 5 Porsi

Warganet penasaran dengan lokasi restoran Padang yang membuat pengunjung harus membayar Rp1 juta untuk lima porsi makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai makanan yang digemari banyak orang, tak heran jika banyak warung makan atau restoran di sejumlah daerah menjual hidangan berupa nasi Padang. Rasanya yang enak dan khas dengan berbagai macam pilihan lauk membuat sajian makanan khas Sumatra Barat ini banyak disukai.

Beberapa hari lalu  beredar video yang membuat publik bingung sekaligus kesal dengan curhat seorang pria di media sosial. Pada video yang diunggah oleh akun TikTok @aridwihermawan_new, seorang pria awalnya membagikan momen ketika tengah makan nasi Padang bersama teman-temannya.

Pria ini juga sempat menawarkan jawaban jika warganet penasaran dengan lokasi warung nasi Padang yang sedang dikunjunginya. Bernada seperti mengeluh, pria bernama Ari ini sempat mengatakan bahwa saat makan nasi Padang di restoran tersebut ia harus merogoh kocek Rp1 juta untuk lima orang.

"Rp1 juta aja untuk makan masakan Padang. Buat 5 orang (emoticon tertawa)," bunyi keterangan dalam video tersebut. Ia juga memamerkan nota pembelian yang memperlihatkan bahwa pesanan mereka habis Rp 1.070.300.

Mereka rupanya memesan banyak menu. Ada dendeng, ayam panggang, dua ayam gulai, telur dadar, satu cumi, balado, tunjang dua gulai otak, ayam pop, dendeng kakap balado dan lain-lain. Kalau dilihat dari nota tersebut, mereka makan di sebuah restoran yang cukup terkenal di kawasan Sahardjo, Tebet, Jakarta Selatan.

Unggahan yang dibagikan pada 29 November 2021 itu sempat viral. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 872 ribu kali. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga yang Wajar

Sebagian besar warganet menilai bahwa harga itu cukup pantas karena mereka memesan banyak menu di sebuah restoran Padang. Namun ada juga warganet yang mencurigai kalau menu nasi yang dipesan terlalu banyak untuk ukuran lima orang.

"Menurut gue worth it lah sekelas nasi Padang high class, semua bumbunya dan rasa dijamin mahal," komentar seorang warganet. "Ambil kuah-kuahnya aja mungkin cuma Rp 30 ribu berlima mas..wkwk," timpal warganet lainnya.

Setelah viral, pemilik akun mengklarifikasi bahwa itu adalah nota pembelian untuk 11 orang. Ia mengaku dan berdalih bahwa unggahan video sebelumnya untuk mengecek ketelitian warganet.

3 dari 4 halaman

Memancing Emosi

"Jadi kita sebenarnya untuk 11 orang. Kenapa gue tulis lima orang, buat ngetes kalian apakah teliti atau nggak," kata pemilik akun pada video lainnya yang dibagikan pada 30 November 2021. Hal itu, kata Ari, bisa dilihat di dalam nota yang diunggahnya yaitu ada 11 minuman yang dipesan. 

Unggahan video miliknya justru memancing emosi sebagian warganet.  "Kalau mau murah ya jangan di restoran, makan di rumah makan Padang biasa aja, makan sebanyak itu kena sejuta aja nangis-nangis. Gue berdua habis sampai Rp 350 ribu biasa saja," komentar warganet lainnya.

"Hmm, ngebohongnya kebongkar deh. Buat 11 orang di video ngaku 5 orang. Ngeles pakai klarifikasi. Kalau kayak gini bisa ngerugiin restonya loh," tulis warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.