Sukses

Putri Aiko dari Jepang Ulang Tahun ke-20, Siap Mulai Tugas Kerajaan

Putri Aiko dari Jepang genap berusia 20 tahun pada Rabu, 1 Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Aiko dari Jepang genap berusia 20 tahun pada Rabu, 1 Desember 2021. Momen kebahagiaan bagi putri semata wayang Kaisar Naruhito ini sekaligus menandai dirinya akan mulai mengambil tugas kerajaan.

Dilansir dari Hello Magazine, Kamis (2/12/2021), Putri Aiko akan berpartisipasi dalam upacara kedewasaan resmi pada 5 Desember 2021. Ia akan dianugerahi Grand Cordon of the Order of the Precious Crown oleh Kaisar.

Biasanya, putri di Keluarga Kekaisaran menerima tiara baru pada ulang tahun ke-20 mereka. Namun, Putri Aiko dilaporkan akan menerima tiara milik bibi dari pihak ayah, Sayako.

Putri Aiko kini tengah menuntut ilmu bahasa dan sastra Jepang di Gakushuin University, Tokyo. Ia lahir pada 1 Desember 2001 dan menyandang gelar kekaisaran, Putri Toshi, yang berarti "seseorang yang menghormati orang lain".

Saat ini, hanya laki-laki garis keturunan langsung yang diizinkan naik takhta. Itu berarti, adik Kaisar Naruhito, Fumihito adalah pewaris takhta.

Pada 2005, para ahli merekomendasikan agar hukum suksesi Kekaisaran diubah. Hal tersebut merujuk pada rekomendasi yang mengizinkan Putri Aiko memerintah dengan haknya sendiri.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Kekaisaran

Namun pada 2006, adik Kaisar Naruhito, Pangeran Akishino, dikaruniai seorang putra, Pangeran Hisahito. Ia kini ditetapkan sebagai Kaisar setelah pamannya, Naruhito, dan ayahnya, Pangeran Akishino.

Menurut Hukum Rumah Tangga Kekaisaran tahun 1947, anggota keluarga kerajaan perempuan harus melepaskan gelar dan keanggotaan mereka dari Keluarga Kekaisaran setelah menikah. Keponakan Kaisar, Mako Komuro, sebelumnya Putri Mako dari Akishino, melepaskan gelar kekaisarannya dan meninggalkan Keluarga Kekaisaran.

Hal tersebut menyusul pernikahan Mako dengan Kei Komuro, pada Oktober 2021. Pasangan itu kini memulai hidup baru dan tinggal di New York. Amerika Serikat.

3 dari 4 halaman

Tentang Putri Aiko

Dilansir dari CTV News, Kamis (2/12/2021), pada Minggu, 5 Desember 2021, Putri Aiko akan mengunjungi tempat-tempat suci keluarga kekaisaran. Di sana, ia akan berdoa kepada leluhur dan dewa.

Nantinya, ia akan secara resmi diakui pada upacara yang dipimpin ayahnya. Aiko juga akan mengenakan pakaian formal dan tiara untuk menyambut orangtua dan kakek neneknya.

Putri Aiko dikenal sebagai penggemar berat gulat sumo tradisional Jepang dan hafal nama-nama semua pegulat. Seperti ibunya Masako, dia juga dikenal sangat mencintai binatang.

 
4 dari 4 halaman

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.