Sukses

8 Kostum Nasional Unik Kontestan Miss Grand International 2021

Kostum finalis Miss Grand International 2021 dari sebuah negara di Afrika ternyata dirancang desainer Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kontes kecantikan Miss Grand Internasional 2021 saat ini sedang diadakan di Phuket, Thailand. Diikuti 59 peserta dari penjuru dunia, ajang ini mengutamakan attitude, serta mengedepankan pesan moral anti perang dan kekerasan.

Dalam rangkaian acaranya, digelar kontes kostum nasional, Selasa malam, 30 November 2021. Sebagai salah satu finalis, Indonesia menampilkan baju adat khas Bali rancangan Inggi Kendran bertajuk "Bali Sundaram."

Melalui akun Instagram @yayasanduniamegabintang yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia, foto wakil Indonesia Sophia Rogan mengenakan baju adat Bali dibagikan pada Senin, 29 November 2021.

"Kostum Nasional Miss Grand Indonesia 2021 @thesophiarogan merupakan simbol rasa syukur kepada Tuhan sebagai pencipta alam semesta yang biasa disandang oleh wanita Bali. Kostum ini memvisualisasikan ajaran perdamaian Tri Hita Karana yang melibatkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam," tulis akun tersebut dalam keterangan foto.

Nantinya akan dipilih lima kostum terbaik di ajang Miss Grand International 2021. Pemenang akan diumumkan pada malam penobatan Miss Grand International 2021 pada 4 Desember mendatang. Sebelumnya, Indonesia pernah mendapat penghargaan Best National Costume pada 2016 oleh Ariska Putri Pertiwi dan 2017 saat dibawakan Dea Goesti Rizkita.

Selain Sophia, wakil dari negara lain juga menampilkan kostum nasional dari negara mereka masing-masing yang bisa dilihat di akun media sosial Miss Grand International 2021. Tahun lalu, ada tiga pemenang di kategori Kostum Nasional Terbaik, yaitu dari Jepang, Thailand, dan Guatemala. Sedangkan pemenang Miss Grand International 2020 adalah Samantah Bernardo dari Filipina.

Berikut beberapa kostum nasional dari sejumlah peserta Miss Grand International 2021. Yang menarik, kostum dari sebuah negara di Afrika ternyata dirancang desainer Indonesia!

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekuador

Andrea Aguilera, finalis asal Ekuador, membawakan kostum yang terlihat seperti busana karnaval dengan pilihan warna bernuansa kuning emas dan warna-warna gelap sebagai pelengkap. Nuansa grand tentu jelas terlihat dalam visual tampilannya.

Hong Kong

Miss Grand Hong Kong Sen Yang juga menarik perhatian dengan kostum uniknya. Ia memakai kostum nasional berbentuk dimsum, lengkap dengan wadahnya. Ini tentu merepresentasi kultur makan Hong Kong dengan cara yang menarik.

Laos

Peserta dari Laos Daomixay Pcst memakai kostum bertemakan papaya salad, makanan khas Laos. Separuh badannya terlihat seperti berada di dalam kotak makanan.

Paraguay

Miss Grand Paraguay Jimena Sosa tampil penuh warna. Ia mengenakan kostum nasional warna-warni yang siap menyita perhatian.

3 dari 4 halaman

Vietnam

Kostum nasional yang dikenakan peserta dari Vietnam Nguyen Thuc Thuy Tien termasuk simpel, tapi unik dan sangat catchy. Ia memakai sayap seperti bidadari.

Kostum yang hampir seluruhnya berwarna biru itu terinspirasi dari perjuangan tenaga medis di masa pandemi Covid-19.

Republik Dominika

 

Wakil dari Republik Dominika mengenakan kostun bernuansa warna merah, putih dan biru, sesuai warna bendera negaranya. Ia pun terlihat membawa tongkat besar berhiaskan topeng yang juga berukuran besar.

Mesir

Miss Grand Internasional dari Mesr, Shahu Handy, tampil dengan kostum bertemakan Cleopatra. Ratu Mesir itu dikenal dengan penampilannya yang glamor. Ia terlihat seperti memakai sayap berbentuk kipas di bagian belakang tubuhnya, serta boneka harimau yang mendampingi tampilannya.

Yang menarik, desainer kostum tersebut adalah Annisa Febby dari Indonesia. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram @banyuwangi_tourism pada Rabu, 1 Desember 2021.

Dalam unggahan itu, Annisa mengaku mendapat rekomendasi dari Pageant Trainer dari Jakarta yang pernah memesan kostum padanya. Selain Mesir, Annisa juga bakal merancang kostum nasional untuk Miss Universe Kamerun untuk Africa Cup 2022. Desainer asal Banyuwangi itu telah mendapatkan banyak penghargaan nasional dan internasional.

4 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.