Sukses

7 Manfaat Kunyit untuk Kulit, Bisa Bantu Samarkan Bekas Jerawat

Tidak hanya dikenal sebagai rempah, kunyit juga memiliki manfaat lainnya seperti untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Asia mungkin tidak asing lagi menggunakan kunyit untuk perawatan kulit. Namun di Barat, kunyit mulai dikenal karena kaya akan manfaatnya, seperti dapat menghilangkan bekas jerawat.

Dilansir Dr Health Benefits, Kamis (25/11/2021), selain digunakan sebagai rempah untuk makanan, kunyit juga memiliki manfaat medisnya yang penting. Jika diambil dari akarnya, kunyit memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam masakan, pewarna tekstur, rias wajah, dan pengobatan tradisional di China dan India.

Kandungan kurkuminnya yang kuat. Senyawa itulah yang memberikan khasiat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tidak hanya untuk dikonsumsi sehari-hari, tetapi juga dapat memiliki manfaat untuk kulit Anda jika digabungkan ke dalam rutinitas perawatan kulit.

Mari kita simak manfaat kunyit untuk kesehatan kulit berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Mencerahkan Kulit

Kunyit mengandung agen pencegahan kanker dan komponen anti-inflamasi, sehingga ini dapat memberikan kilau dan cahaya pada kulit. Kunyit juga dapat memulihkan kulit Anda dengan mengeluarkan cahaya alaminya.

Anda mungkin perlu mencoba masker wajah dengan kunyit di rumah untuk memeriksa hasil yang bermanfaat pada kulit Anda. Anda dapat mencampur yogurt, nektar, dan kunyit dalam jumlah terbatas dan mengoleskannya ke wajah Anda. Biarkan masker selama 15 menit dan setelah itu bilas dengan air.

3 dari 9 halaman

2. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Anda mungkin perlu mencoba masker wajah kunyit untuk membantu mengurangi jerawat dan bekasnya. Kualitas anti-inflamasi dari kunyit dapat fokus pada pori-pori Anda dan menenangkan kulit.

Kunyit juga dikenal untuk mengurangi bekas luka. Campuran kegunaan ini dapat memungkinkan wajah Anda untuk membersihkan dari jerawat atau peradangan kulit.

4 dari 9 halaman

3. Menyembuhkan Luka

Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu menyembuhkan luka dengan mengurangi peradangan dan oksidasi. Ini juga menurunkan reaksi tubuh Anda terhadap luka kulit, sehingga luka Anda sembuh lebih cepat.

Studi telah menemukan bahwa kunyit dapat memengaruhi jaringan dan kolagen secara positif juga. Sebuah jurnal menyarankan untuk menggunakan kurkumin dalam formula yang ditingkatkan untuk mengatasi luka di kulit dengan cara terbaik.

5 dari 9 halaman

4. Mencerahkan Kulit

Sebuah laporan yang sedang berlangsung menemukan bahwa, minyak esensial kunyit dalam formulasi krim dapat mencerahkan kulit dalam waktu tiga minggu dengan hasil yang tetap. Keuntungan cerah ini kemungkinan merupakan efek samping dari agen pencegahan kanker yang luar biasa, dan senyawa anti-inflamasi yang bekerja sama untuk memperbaiki dan mengeluarkan kesehatan alami kulit.

6 dari 9 halaman

5. Menenangkan Psoriasis

Psoriasis adalah infeksi sistem kekebalan di mana peradangan menyebabkan sel-sel kulit berkembang satu sama lain, membuat tambalan berlapis yang cenderung mati. Kurkumin, senyawa dinamis penting yang ditemukan dalam kunyit, mengandung bahan kimia penenang yang dapat melawan pembentukan sel dan mengurangi bercak-bercak kulit ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin topikal dan oral dapat meningkatkan indikasi psoriasis plak dalam sembilan hingga 12 minggu.

7 dari 9 halaman

6. Melawan Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sinar UV adalah musuh paling berbahaya bagi kulit Anda karena dapat menyebabkan luka bakar akibat sinar matahari, garis-garis halus, kanker kulit, hiperpigmentasi, dan kerutan. Namun, kunyit dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah ini.

Sebuah laporan menyebutkan bahwa senyawa penguat sel kunyit pada dasarnya memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari pada kulit tikus, ini merupakan sebuah tanda awal yang potensial untuk kemungkinan memperlambat dampak penuaan pada manusia. Penguatan sel mencegah radikal bebas seperti kontaminasi dan sinar UV dari mempengaruhi elastisitas kulit Anda, sehingga kulit Anda terasa halus dan kenyal.

Kunyit dapat menghambat senyawa elastase, yang menyerang kemampuan kulit Anda untuk membuat elastin atau zat yang memberi struktur kulit Anda. Jika elastase dibiarkan, tubuh Anda tidak dapat membuat protein yang dibutuhkan untuk menjaga kulit Anda tetap lentur, yang menyebabkan kerutan.

8 dari 9 halaman

7. Mengobati Kudis

Kudis adalah penyimpangan dari parasit Sarcoptes scabiei yang masuk ke bawah kulit Anda, dan jika tidak diobati maka mereka dapat bertelur. Hasilnya adalah gangguan seperti ruam yang mengganggu pada kulit Anda.

Kudis biasanya diobati dengan krim obat dan salep hidrokortison, namun laporan terbaru dari India menunjukkan bahwa campuran kunyit dan mimba (ekstrak dari pohon lokal India) hasilnya 97% efektif dalam menghilangkan kudis. Nah, itulah 7 manfaat kunyit untuk kesehatan kulit. Tertarik untuk mencobanya?

Penulis: Vania Dinda Marella

9 dari 9 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.