Sukses

Kidzania Kembali Buka di Masa Pandemi, Siapkan Tim Satgas Covid-19 untuk Awasi Prokes

Kidzania saat ini beroperasi dengan kapasitas 50 persen dari daya tampung maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan status PPKM Level 1 di DKI Jakarta membawa angin segar bagi sejumlah sektor, termasuk pengelola taman bermain dalam ruang seperti Kidzania. Tempat yang berlokasi di mal kawasan SCBD itu kini dibuka dengan daya tampung 50 persen dari kapasitas maksimal.

Chief Marketing Officer Kidzania Jakarta, Faizal Reza menyatakan banyak perubahan yang dilakukan terkait operasional di masa pandemi Covid-19. Utamanya dalam kaitan protokol kesehatan. Pihaknya membentuk Satgas Covid-19 internal yang disebut Covid Troopers untuk mengawasi penerapan prokes oleh karyawan dan pengunjung.

"Kita ikuti peraturan pemerintah, di bawah Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, mengenai proses pengawasan ketat jaga jarak, penggunaan masker untuk seluruh karyawan dan pengunjung, tanpa terkecuali, aturan antrean dalam permainan dan membeli makan," kata Reza kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Mengingat kapasitas dikurangi, durasi waktu permainan pun disesuaikan agar semua tamu terlayani tanpa ada penumpukan. Rata-rata wahana permainan menghabiskan 20 menit.

"Secara bertahap sudah ada (peningkatan kunjungan), walau kita sekarang dibatasi untuk jumlah pengunjung ke Kidzania," ujarnya.

Jam operasional saat ini berlaku mulai dari pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB. Reza mengaku pihaknya berencana menambah waktu buka, baik di hari biasa maupun akhir pekan, untuk mengakomodasi peningkatan jumlah pengunjung ke Kidzania.

"Kita melihat animo masyarakat yang saat ini mulai percaya dan mulai yakin. PPKM sudah berlangsung lama sehingga mereka ingin bermain dan belajar di Kidzania," imbuh dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pastikan Prokes

Reza menyadari bahwa protokol kesehatan menjadi syarat untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Untuk itu, sejak di tempat pembelian tiket, para petugas sudah mengingatkan semua anak untuk selalu menggunakan masker dan mematuhi antrean.

Tempat mencuci tangan pun ditambah di beberapa titik. Sementara, hand sanitizer disiapkan di setiap permainan. Pihaknya juga membuat beragam program, terutama anak-anak dan orangtua, agar percaya bahwa Kidzania melaksanakan prokes dengan ketat.

"Kami mengadakan promo-promo menarik bersama para industry partner, baik program diskon khusus ataupun activation program yang kita jalankan bersama industry partner," imbuh Reza terkait upaya menarik pengunjung.

Saat ini Kidzania menargetkan pengunjung anak dari usia 4--16 tahun. Namun, pihaknya juga menyediakan program TeenZania sehingga yang berusia di atas 16 tahun bisa ikut bermain.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Makan di Tempat

Reza juga mengungkapkan bahwa pengunjung bisa tetap makan di tempat. Untuk menyiasati kapasitas restoran yang berkurang, pihaknya menambah jumlah meja.

Saat ini, pengunjung didominasi keluarga, bukan rombongan anak sekolah. Ia berharap ke depan, kunjungan rombongan akan kembali hadir mengingat selama ini berkontribusi signifikan terhadap pemasukan.

"Mudah-mudahan ke depannya sekolah kembali normal dan bisa bersama-sama lagi berkunjung ke sini," ucapnya.

4 dari 4 halaman

4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.