Sukses

8 Cara Pulihkan Stamina dan Kebugaran Tubuh setelah Sakit

Proses pemulihan stamina dan kebugaran seseorang setelah sembuh dari sakit membutuhkan waktu yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Proses pemulihan stamina dan kebugaran seseorang setelah sembuh dari sakit membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Ada yang cepat pulih dan bisa langsung beraktivitas normal, ada juga yang masih mengeluh badan lemas, kurang bertenaga sehingga tidak bisa segera mungkin beraktivitas.

Banyak faktor yang membuat perbedaan waktu pemulihan tersebut, dari mulai ketahanan tubuh, penyakit yang diderita hingga pengobatannya. Sejatinya, tubuh memang memerlukan waktu untuk menjadi normal kembali. Namun, bila terlalu lama tentunya akan membuat banyak pekerjaan dan aktivitas yang terganggu.

Bagi kamu yang masih lemas setelah sembuh dari penyakit, namun ingin segera beraktivitas dengan normal, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan stamina dan kebugaran tubuh seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Mengganti Cairan Tubuh

Sebagian besar tubuh terdiri dari air, saat seseorang sakit cairan tubuh bisa berkurang drastis. Oleh karena itu salah satu obat terbaik untuk mengembalikan kebugaran tubuh adalah dengan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Konsumsi air putih yang cukup karena air putih sangat bermanfaat untuk membantu mengaktifkan kembali sistem tubuh yang sempat melemah saat sakit.

2. Perbanyak Asupan Makanan Bergizi

Asupan nutrisi yang baik dapat membantu mempercepat sistem imun tubuh untuk pulih. Sistem imun tersebut berfungsi untuk membangun perlindungan tubuh dari serangan virus atau bakteri.

Pilihlah makanan yang lebih mudah dicerna agar tubuh tidak bekerja terlalu berat di masa pemulihan ini. Perbanyak asupan makanan bergizi, seperti sayuran dan buah. Hindari makanan olahan, gula, atau pemanis buatan. Sumber makanan yang baik tentu dapat mengembalikan energi setelah sakit.

3. Cukup Tidur

Untuk mengatasi keluhan badan lemas setelah sakit yang berikutnya, kamu dianjurkan untuk tidur cukup, yakni selama 7-8 jam setiap malamnya. Saat tidur, energi dalam tubuh lebih mudah pulih dan perbaikan jaringan maupun sel tubuh pun lebih maksimal bekerja. Meskipun kamu lebih sering berbaring dan tidur siang hari saat sakit, upayakan untuk tetap mengatur pola tidur dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Menjaga Aktivitas Fisik

 

Selama memasuki masa pemulihan, sebaiknya kamu tetap mengontrol aktivitas sehari-hari agar tidak kembali sakit. Kamu harus lebih sabar dan menahan diri dari melakukan aktivitas yang berat.

5. Hindari Stres

Pada kenyataannya, stres bisa memengaruhi pikiran. 'jika seseorang berpikir sakit maka orang tersebut akan sakit', begitu pula sebaliknya. Maka itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Akan lebih baik lagi bisa kamu bisa terbebas dari stres.

 

 

 

6. Berjalan di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan di luar rumah sambil berjemur di pagi hari selama beberapa menit akan meningkatkan mood dan kemampuan memori. Selain itu, vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari akan membantu meningkatkan sistem imun. Keluhan badan lemas setelah sembuh dari sakit pun bisa ditangani.

 

3 dari 3 halaman

7. Olahraga Ringan

 

Mengurangi aktivitas fisik di masa pemulihan itu penting, namun bukan berarti kamu tidak boleh melakukan olahraga. Faktanya, olahraga ringan dapat menjadi cara untuk memulihkan tenaga setelah sakit. Misalnya, kamu bisa mencoba meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran sehingga lebih memberikan energi positif bagi tubuh.

8. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Untuk mengembalikan stamina dan kebugaran tubuh setelah sakit, cara penting selanjutnya adalah dengan mengubah kebiasaan atau gaya hidup. Memulai kembali kebiasaan hidup yang lebih sehat, seperti beberapa hal yang disebutkan di atas sangat penting, termasuk berhenti merokok, begadang dan tidak mengonsumsi alkohol. Selain menghalangi proses penyembuhan, beberapa kebiasaan tidak sehat tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini