Sukses

Dukung Pelaku UMKM Maju, Yuk, Jelajah Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan!

Sekitar 40 bisnis UMKM Lokal turut berpartisipasi dan menawarkan produk kuliner lezat yang menggoda selera di Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan.

Liputan6.com, Jakarta Ingin menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman nongkrong? Yuk kunjungi festival kuliner di Gedung Warenhuis, Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara.

Pemerintah Kota Medan bersama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP PKK) Medan menyelenggarakan festival kuliner bertajuk Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan selama 3 hari, pada 19 - 21 November 2021.

Sekitar 40 bisnis UMKM lokal turut berpartisipasi dan menawarkan berbagai produk kuliner lezat seperti  ayam penyet, roti jala, nasi gurih & lontong, dan martabak. Selain memberikan semangat bagi para pelaku UMKM untuk bertahan dan berkembang di tengah pandemi, festival kuliner ini bertujuan untuk mendorong arus transaksi masyarakat dan membantu memperkenalkan UMKM kuliner, termasuk binaan TP PKK Medan ke masyarakat yang lebih luas.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan bahwa kemajuan bisnis UMKM akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan dari banyak pihak untuk memastikan pelaku UMKM dapat bertahan dan tumbuh saat ini.

“Kami harap Festival Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan dapat mendorong arus transaksi masyarakat terhadap bisnis UMKM di Medan dan menjadi penyulut semangat juang pelaku UMKM di sektor kuliner yang terdampak oleh pandemi,” jelas Bobby saat pembukaan festival kuliner 'Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan' yang resmi dibuka Jumat (19/11). Turut hadir dalam pembukaan tersebut Ketua TP PKK Medan, Kahiyang Ayu dan juga Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Bimbingan Literasi Digital

Selain menggelar festival kuliner, TP PKK Medan juga menyelenggarakan program bimbingan kepada sejumlah pelaku UMKM di Medan yang meliputi bimbingan pengembangan produk, pengelolaan bisnis, dan adopsi teknologi.

TP PKK Medan berkomitmen untuk menjadi pendamping UMKM di Medan agar dapat naik kelas, salah satunya melalui pembinaan terhadap literasi digital untuk membuka peluang baru yang bisa mereka tangkap dalam ekonomi digital.

“Banyak sekali UMKM yang memiliki produk unggulan, namun masih terhambat keterbatasan pengetahuan tentang bagaimana memasarkan atau mengemas produk mereka agar bisa dinikmati lebih banyak pelanggan. Untuk itu, diperlukan bimbingan agar mereka bisa memanfaatkan teknologi dan memaksimalkan potensi penjualan mereka, dan pada akhirnya membantu memulihkan perekonomian kita. TP PKK Medan berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM dalam hal tersebut dan berbagai edukasi dalam hal lainnya,” Bobby menambahkan.

Afriandi, pemilik bisnis Nasi Gurih dan Lontong Hj. Hajrah Simpang Karantina mengatakan "Kami mendapatkan banyak ilmu dari bimbingan yang difasilitasi oleh TP PKK Medan dan sangat senang dapat berpartisipasi dalam acara festival kuliner ini. Dengan situasi pandemi yang membuat transaksi menjadi minim, acara ini sangat membantu kami untuk mendapatkan penghasilan lebih dan bertemu dengan banyak calon langganan."

Di Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat, di mana pengunjung diharuskan melakukan check-in menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan pengecekan suhu. Tiap gerai UMKM pun diberi jarak aman antara satu sama lain agar pengunjung dapat berbelanja tanpa berkerumun.

Nikmati Promo Cashback ShopeePay

Acara Pekan Kuliner Kondang UMKM Medan turut didukung layanan pembayaran digital ShopeePay sebagai metode pembayaran nirkontak yang dapat digunakan masyarakat. Pengunjung juga dapat menikmati promo cashback 60% untuk pembayaran menggunakan ShopeePay selama periode acara tersebut.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini