Sukses

Menjadi Teman Sekaligus Terapi, Inilah 5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Terapi menggunakan hewan peliharaan memiliki banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda tentang terapi hewan? Terapi hewan adalah terapi yang melibatkan hewan sebagai asisten untuk beberapa perawatan.

Biasanya hewan peliharaan tersebut berupa anjing atau kucing. Kabarnya hewan yang digunakan untuk terapi akan berdampak besar dan membantu menyembuhkan masalah kesehatan mental.

Dilansir Dr Health Benefits, Jumat (19/11/2021), Seperti yang kita ketahui, bahwa hewan adalah pasangan terbaik yang bisa dimiliki manusia. Hewan peliharaan khususnya adalah makhluk yang paling setia kepada pemiliknya, seperti halnya anjing yang akan setia kepada pemiliknya.

Tapi, apa sebenarnya manfaat memiliki hewan untuk terapi? Berikut penjelasannya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mengurangi Kecemasan dan Kesedihan

Salah satu manfaat memiliki hewan peliharaan adalah terapi untuk membantu orang mengurangi kecemasan, kesedihan, dan perasaan terasingkan. Hewan tidak menghakimi dan mereka akan menerima kita tanpa dendam.

Ini berarti bahwa kebanyakan orang mungkin merasa nyaman saat berada di sekitar hewan, terutama anjing, yang dikenal sebagai hewan peliharaan paling setia kepada manusia. Mereka akan cenderung memberi Anda kenyamanan.

Jelas bahwa terapi hewan akan membantu mengurangi kecemasan yang mungkin Anda alami. Ini juga membantu orang untuk pindah dari kondisi kesedihan. Jadi, dengan melakukan terapi hewan, setidaknya mereka dapat membuka hati mereka sehingga kesedihan yang dirasakan dapat berkurang.

3 dari 7 halaman

2. Membuat Anda Lebih Bahagia

Tentu saja terapi ini akan membantu Anda membawa kondisi yang lebih bahagia, karena hewan memiliki kemampuan untuk menghibur manusia. Mereka akan membantu mengurangi kecemasan dan kesedihan yang dapat memberikan kebahagiaan bagi sebagian orang yang sedang memiliki masalah.

Bermain dengan hewan dapat memberikan kenyamanan ekstra yang tentunya akan merasakan kesenangan. Ini mungkin tidak benar-benar menyelesaikan masalah apa pun, tetapi itu pasti membuat orang lebih bahagia.

Hewan selalu memiliki cara terbaik, untuk membuat orang merasa nyaman dan aman di sekitar mereka. Sama seperti ketika mereka bertingkah lucu atau manja sehingga orang akan sangat mencintai mereka, dan itu akan membuat mereka lebih bahagia.

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik dan Gerakan Sendi

Ketika Anda memiliki hewan peliharaan, berarti Anda akan melakukan beberapa aktivitas dengan hewan tersebut. Misalnya Anda bermain Frisbee dengan anjing Anda, itu pasti aktivitas yang membuat Anda berjalan atau berlari.

Anda juga dapat pergi ke luar dengan hewan peliharaan Anda untuk melakukan beberapa kegiatan lain. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya akan meningkatkan keterampilan motorik Anda.

5 dari 7 halaman

4. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Ada beberapa orang yang kesulitan bersosialisasi. Biasanya tipe orang ini dianggap sebagai introvert. Berinteraksi dengan hewan peliharaan bisa menjadi medium terapi.

Hewan tidak akan memprotes atau mengkritik pemiliknya, sehingga itu pasti bisa menjadi cara yang baik untuk mengembangkan keterampilan sosial. Selain itu, ada banyak orang yang menyukai hewan peliharaan, sehingga Anda mungkin mendapatkan topik untuk dibicarakan dengan orang lain.

6 dari 7 halaman

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari memiliki hewan terapi adalah membantu Anda menurunkan tekanan darah. Hal itu bisa diperoleh lewat ffek kenyamanan yang diberikan hewan kepada manusia.

Saat kita merasa nyaman dan rileks, tekanan darah juga akan dalam keadaan normal atau lebih rendah bagi seseorang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi. Selain itu, menurunkan tekanan darah juga akan mengurangi risiko serangan jantung.

Itulah beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan untuk terapi. Selain menggunakan hewan, Anda tetap harus mengurangi kebutuhan akan obat-obatan, meningkatkan keseimbangan, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, dan masih banyak lagi.

Penulis: Vania Dinda Marella

7 dari 7 halaman

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.