Sukses

IKEA Bali Resmi Dibuka, Jadi Gerai Terkecil di Indonesia

IKEA Bali menjadi gerai kelima brand perabotan asal Swedia itu di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - IKEA resmi membuka gerai pertama di Bali pada Kamis, 18 November 2021. Menempati bangunan seluas 1.200 meter persegi, gerai tersebut dinyatakan sebagai toko terkecil di Indonesia.

"Meski lebih kecil dibandingkan gerai IKEA yang sudah lebih dulu dibuka, di dalamnya konsumen bisa tetap mendapatkan inspirasi, perabotan rumah tangga, dukungan pekerja yang siap melayani, dan foodcourt IKEA," kata Patrik Lindvall, Presiden Direktur PT Rumah Mebel Nusantara, dalam peresmian pembukaan IKEA Bali secara hibrid, Kamis (18/11/2021).

Bali dipilih sebagai lokasi terbaru untuk semakin mendekatkan IKEA dengan konsumennya. Ia menyebut meski tokonya sudah bisa dijangkau konsumen Pulau Dewata secara daring sejak 2016, pihaknya belum bisa memenuhi akses yang lebih mudah dan harga yang terjangkau bagi konsumen.

"Kuncinya agar lebih mudah diakses dan lebih terjangkau adalah dengan hadir di sini," sambung dia.

Ia juga berharap kehadiran IKEA bisa kembali menggerakkan roda ekonomi Bali yang terdampak pandemi Covid-19. Selain merekrut warga lokal sebagai bagian tim pekerja, ia juga menyatakan memfasilitasi UMKM dengan membuka Teras Indonesia.

"(Teras Indonesia) bukan hanya akan ada saat ini, tetapi juga berkelanjutan. Kami sudah menandatangani MoU agar kerja sama bisa terus dilakukan," ujar Patrik.

Di gerai tersebut, tersedia layanan pick up barang yang dipesan via daring. Konsumen bisa mengambilnya tanpa dikenakan biaya tambahan. IKEA Bali beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WITA setiap hari.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Elemen Bali

Elemen budaya Bali turut mewarnai IKEA dalam berbagai aspek. Disebutkan bahwa seluruh co-worker IKEA Bali akan mengenakan seragam pakaian tradisional Bali. Selain itu, toko tersebut juga menghiasi bangunannya dengan lukisan mural dan patung kuda DALA yang terinspirasi dari budaya Bali. Berkolaborasi dengan seniman lokal, Citra Sasmita, IKEA Bali ingin memvisualisasikan pesan tentang kenyamanan, kehangatan, dan harmoni di tengah keluarga.

Sementara itu, I Wayan Adi Arnawa, Sekretaris Daerah Pemkab Badung, berharap ekonomi Bali bisa segera pulih mengingat pandemi sudah berjalan hampir dua tahun lamanya. Kehadiran gerai IKEA di Kuta Central Park, Bali, itu diharapkan bisa merangsang pertumbuhan ekonomi sekaligus menampung tenaga kerja.

"Terus terang dampak Covid sangat multidimensional, apalagi Kabupaten Badung selama ini hidup dari sektor pariwisata," ujar Wayan.

Ia juga berharap kehadiran gerai brand furnitur asal Swedia itu bisa semakin meyakinkan investor tentang potensi ekonomi di sana. Selain, sentra pariwisata itu juga membutuhkan perabotan berkualitas untuk beragam keperluan.

"Selain pertumbuhan ekonomi, juga dapat akses lebih cepat untuk dapat perabot rumah tangga yang berkualitas dan terjangkau," sahut Wayan.

3 dari 4 halaman

IKEA Taman Anggrek

Selain Bali, IKEA sejauh ini sudah memiliki empat gerai lain yang berlokasi di Alam Sutra, Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City. Pada tahun depan, IKEA berencana membuka gerai baru yang berlokasi di Taman Anggrek.

Cabang tersebut menjadi yang pertama menampilkan konsep toko di pusat perbelanjaan. Toko itu dibangun di area seluas kurang lebih 10ribu meter persegi di area North Wing, lantai 3 dan 4 Mal Taman Angrek.

Saat ini, IKEA telah membuka titik pengambilan yang terletak di HERO MTA. Konsumen bisa mengambil produk yang dibeli secara online tanpa dikenakan ongkos kirim.

4 dari 4 halaman

Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.