Sukses

5 Cara Manfaatkan Susu Almond untuk Kecantikan Kulit

Tidak hanya menjadi sumber kalsium, susu almond juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Susu almond adalah alternatif lain untuk susu sapi. Sebagian besar orang mungkin tidak mengenal susu almond karena sejak kecil mereka cenderung diberi susu sapi.

Tahukah Anda bahwa susu almond memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan Anda? Tidak hanya sebagai sumber kalsium, susu ini juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Dilansir Dr Health Benefits, Kamis (18/11/2021), susu almond dianggap sebagai minuman sehat. Susu almond jarang dikonsumsi langsung sebagai minuman, meskipun terkadang menjadi pengganti susu sapi, kedelai atau santan dalam resep tertentu.

Susu almond juga memiliki kemampuan untuk menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari kotoran. Simak cara memanfaatkan susu almond untuk kulit tampak lebih sehat berikut ini:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Melembabkan Kulit

Menggunakan susu almond sangat efektif dalam melembabkan kulit secara mendalam. Susu almond memiliki sifat bergizi untuk kulit yang berguna untuk menghilangkan kekeringan dan menghidrasi kulit sebagai gantinya.

Jadi, jika Anda mengalami kulit kering yang ekstrem, Anda dapat membuat masker dengan mencampurkan 1 sdm madu dengan 4 sdm susu almond, kemudian oleskan pada area yang kering dan biarkan selama sekitar 15 menit setelah itu bilas. Anda dapat melakukan ini pada hari-hari alternatif ketika Anda mengalami kekeringan parah atau menggunakannya dua kali seminggu.

3 dari 7 halaman

2. Kulit Glowing

Jika Anda ingin memiliki kulit yang glowing, Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan susu almond. Susu almond kaya akan vitamin, seperti B6, C, magnesium dan kalsium yang akan melengkapi pemeliharaan kesehatan kulit.

Itulah sebabnya, susu almond dianggap sebagai obat terbaik untuk mendapatkan kulit bercahaya. Anda dapat mencampur 2 sdm susu almond, 1/2 sdm kunyit dan 1 sdm tepung beras hingga membentuk pasta kental.

Oleskan secara merata ke seluruh wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda dapat menggunakan cara ini dua kali seminggu untuk melihat hasil yang maskimal.

4 dari 7 halaman

3. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Susu almond sempurna dikemas dengan antioksidan dan sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit. Selain itu, susu almond juga membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan dari wajah Anda seiring bertambahnya usia.

Anda dapat menggunakannya sebagai masker juga dengan mencampur 4 hingga 5 sdm susu almond, 2 sdm oat dan 1 sdm air mawar. Kemudian oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher Anda.

Tunggu hingga masker mengering dan mulailah memijatnya selama sekitar 2-3 menit, dan terakhir cuci muka dengan menggunakan air dingin. Anda dapat melakukan ini rutin seminggu sekali.

5 dari 7 halaman

4. Mencerahkan Kulit

Susu almond juga memiliki sifat pencerah kulit yang bertugas mengangkat kotoran dan kulit mati dari kulit Anda. Ini dapat membantu mencerahkan tekstur kulit secara alami.

Susu almond dapat digunakan sebagai pembersih alami dan bahkan Anda dapat menjadikan susu almond sebegai pengganti untuk menghapus riasan Anda sekaligus mencerahkan kulit. Anda dapat membuatnya dengan campurkan 1 sdm tepung, jus lemon, sejumput kunyit, 1 sdm madu, dan 3 sdm susu almond ke dalam mangkuk.

Setelah itu buat pasta dan pastikan tidak terlalu kental atau encer. Kemudian, oleskan ke wajah dan leher Anda dan tunggu selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

6 dari 7 halaman

5. Menyembuhkan Kulit yang Terbakar dari Matahari

Kebanyakan orang mengalami masalah dengan sengatan matahari atau penyamakan kulit. Tapi jangan khawatir karena sengatan matahari bisa diobati dengan susu almond. Mengaplikasikan susu almond ke area yang terbakar matahari, akan menjadi obat yang efektif daripada pergi ke salon untuk terapi de-tanning.

Anda cukup membuat pasta kental dengan mencampur 3 sdm susu almond, 1 sdm jus tomat dan 1 sdm tepung. Kemudian, oleskan pasta ke daerah yang terkena, diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

Itulah beberapa cara memanfaatkan susu almond untuk kulit agar tampak lebih sehat. Tertarik untuk mencobanya?

Penulis: Vania Dinda Marella

7 dari 7 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.