Sukses

Warganet Bagikan Tips Bikin Tempe dari Kacang Merah dan Kacang Hijau

Simak cara membuat tempe berbahan kacang merah dan kacang hijau berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Tempe sudah jadi makanan favorit orang Indonesia. Selain enak dan bisa diolah ke berbagai kreasi resep, tempe juga murah dan mudah diperoleh.

Makanan yang umumnya terbuat dari kacang kedelai ini biasanya disajikan dengan cara digoreng, ditumis, atau sebagai campuran sayur. Rasanya nikmat dan tentu saja kaya gizi.

Selain kacang kedelai, tempe sebenarnya juga bisa dibuat dari kacang lain, kacang hijau dan kacang merah misalnya. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Akun Instagram @jezhalim membagikan pengalamannya membuat tempe dari kacang merah dan kacang hijau. "Tempe Merah Hijau (Kacang Merah dan Kacang Hijau). Seru kan bikin tempe bisa pakai kacang apapun," tulisnya dalam unggahan pada 9 November 2021.

Selanjutnya, pemilik akun bernama Jessica Halim ini menjelaskan langkah-langkah pembuatan tempe kreasinya, disertai video dan foto. Berikut lima langkah membuat tempe kacang merah dan kacang hijau.

1. Rendam kacang merah selama dua malam dan kacang hijau sekitar delapan jam. Pastikan airnya memenuhi seluruh wadah (sekitar tiga kali tinggi kacang di dalam wadah) dan tutup.

2. Rebus kacang merah 45 menit, dan kacang hijau hanya 15 menit.

3. Taruh di atas tampah dan serbet, lalu lap kering.

4. Masukkan ke dalam wadah, beri 2 sendok makan cuka dan 1 sendok teh ragi untuk 250 gram kacang, aduk rata.

5. Tutup kain lembap (kain dapur/ kitchen cloth), taruh di atas tampah. Masukkan ke lemari dan yang sedikit dibuka.

6. Tempe akan jadi dalam 15 hari. Setelah itu siap diolah.

Cukup banyak warganet yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Ada juga yang menanyakan kenapa harus pakai cuka.

"Agar PH asamnya seimbang dan mengurangi bakteri yang tidak diinginkan," jawab Jessica. Ia menambahkan, meski menggunakan kacang kedelai sebaiknya juga tetap diberi cuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempe Ubi

Tak hanya sekali, Jessica ternyata cukup sering mengunggah cara pembuatan tempe dari bahan lainnya. Dalam unggahan pada 13 November 2021, ia membagikan cara membuat tempe ubi, yang menurutnya rasanya seperti tapai singkong.

"Untuk eksperimen tempe dengan ubi, aku kasih topping biji labu dan biji wijen hitam. Setelah 1,5 hari atau sekitar 42 jam, aku masukin dalam panggangan (kondisi pintu dibuka sedikit) jadi tempe ubi (alias tape ubi) padahal pakai ragi tempe seperti biasa," tulisnya.

Kukus ubi, setelah kering, kupas dan potong kecil-kecil. Lalu, tambahan topping biji labu dan biji wijen hitam. Setelah itu, masukkan ragi tempe dan aduk rata. Masukkan ke wadah dan tutup kain lembap. Masukkan ke dalam besek tertutup, taruh di atas rak panggangan, dengan lemari sedikit dibuka.

"Sisa ubi berikutnya - aku bikin jadi roti ubi rosemary kebun- mirip brioche lembutnya tapi tanpa kebanyakan mentega dan tanpa telur, di set tuk softbread dengan breadmaker," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Tempe Anti-Ribet

Kanal YouTube Enny Tangerang juga pernah membagikan cara membuat tempe anti-ribet di rumah. 

Bahan yang disiapkan:

1 kg kacang kedelai

3 sdm ragi

Plastik cetakan

Daun pisang berbentuk persegi sebagai cetakan.

 

Cara Membuat:

1. Rendam kacang kedelai yang sudah dicuci selama sekitar lima jam.

2. Rebus kacang kedelai yang sudah direndam sampai air benar-benar mendidih. Pastikan air menutupi seluruh kedelai.

3. Diamkan kedelai yang telah direbus selama satu malam.

4. Besoknya, cuci kacang kedelai yang sudah didiamkan sampai benar-benar bersih dan terbebas dari busa-busa hasil rebusan. Buang kulit arinya.

5. Rebus kembali kedelai kurang lebih 10 menit sampai benar-benar mendidih.

6. Tiriskan kedelai yang sudah direbus, sambil didinginkan.

7. Tuangkan kedelai yang sudah dikeringkan ke tampah, lalu taburi ragi. Aduk kedelai bersama ragi sampai rata.

8. Masukkan kedelai ke dalam wadah plastik sebagai cetakan. Selain itu, bisa juga menggunakan daun pisang.

9. Usai menutup rapat plastik kedelai, tusuk-tusuk bagian permukaannya sebagai jalan udara. Lakukan hal serupa pada tempe bungkus daun pisang.

10. Diamkan tempe selama sehari semalam di tempat yang aman.

11. Tempe kedelai sudah jadi dan siap untuk diolah.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.