Sukses

Jokowi Kenakan Outfit Serba Produk Lokal Saat Jajal Sirkuit Mandalika

Item paling mahal yang dikenakan Jokowi saat menjajal Sirkuit Mandalika tercatat seharga Rp1,4 jutaan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menjajal Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan motor balap pribadi. Aksi tersebut dilakukannya sesaat usai meresmikan sirkuit tersebut pada Jumat, 12 November 2021.

Kala itu, Jokowi tampil mengenakan outfit produksi negeri sendiri. Presiden ke-7 RI ini bahkan menjabarkan satu per satu outfit-nya, yang dari ujung kepala hingga kaki, berasal dari brand lokal.

Berdasarkan unggahan di akun Instagram resmi Jokowi, dibagikan infografis yang menunjukkan masing-masing brand lokal yang melengkapi tampilannya saat menjajal Sirkuit Mandalika. Kala itu, Jokowi berpenampilan retro untuk menyesuaikan visual motor balap pribadinya.

"Saya menjajal Sirkuit Mandalika sepenuhnya dengan dukungan produk dalam negeri. Helm, jaket, celana, sarung tangan, sampai sepatu yang saya gunakan adalah karya tangan-tangan terampil anak bangsa. Nyaman dipakai serta aman untuk digunakan. Dan cukup bergaya, bukan?" tulisnya dalam unggahan pada Minggu, 14 November 2021.

Jokowi tampak mengenakan jaket dari jenama lokal bernama Rabbit and Wheels asal Bandung, Jawa Barat. Berdasarkan pantauan di salah satu e-commerce pada Senin (15/11/2021), jaket Midnight tersebut dijual seharga Rp1.465.00 dan stoknya telah ludes terjual.

Berlanjut ke sarung tangan yang dikenakan Jokowi adalah kolaborasi brand lokal asal Tangerang, Banten, yakni Bellissimo Apparel Indonesia X Katros. Sarung tangan berbahan kulit premium ini dijual seharga Rp435 ribu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serba Produk Negeri

Jokowi juga mengenakan celana dari brand lokal dari Cimahi, Jawa Barat, yakni Continmoto. Celana Continmoto Osiris Riding ini dijual seharga Rp855 ribu.

Berdasarkan deskripsi, celana yang dikenakan Jokowi terbuat dari konstruksi utama Polyester D600 untuk kekuatan dan tahan angin. Memiliki dua kantong, celana tersebut memiliki lapisan dalam mesh lembut, dilengkapi pelindung lutut yang dapat dilepas dan telah CE Certified, serta bantalan busa berkepadatan sedang di bagian pinggul.

Tak hanya itu saja, helm Jokowi juga berasal dari brand lokal asal Bandung, Jawa Barat, yaitu RSV Helmet. Saat menjajal Sirkuit Mandalika, Jokowi mengenakan RSV Half Face RSV SV300 seharga Rp610 ribu dan telah ludes terjual di situs web resmi label ini.

3 dari 4 halaman

Gerakan Cinta Produk Indonesia

Terakhir, Jokowi mengenakan sneakers andalannya, yakni sepatu dari NAH Project, lini asal Bandung, Jawa Barat. Kali ini, Jokowi memakai sepatu tipe YAS Flexknit 3.0 - Carbon Black seharga Rp415 ribu.

Menurut situs web NAH Project, sepatu yang dikenakan Jokowi berdetail flexknit, teknologi rajutan ganda yang disematkan dengan flexwire. Sol luar dari sepatu ini bermaterial EVA Phylon, sedangkan sol dalam adalah NAH Autofoam.

Pada Mei 2020 lalu, Jokowi telah meresmikan gerakan bertajuk #BanggaBuatanIndonesia. Melalui gerakan ini, Jokowi mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk-produk Indonesia.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.