Sukses

Peralatan Dapur Canggih, Bisa Masak dan Mencuci Sendiri

Pengguna hanya perlu memasukkan semua bahan masakan ke dalam peralatan dapur ini dan menekan layar sentuh untuk proses memasak.

Liputan6.com, Banten - Kemajuan teknologi berjalan beriringan dengan hadirnya beragam kebutuhan yang mempermudah aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah peralatan dapur yang tak hanya bisa memasak, tetapi juga mencuci sendiri.

Inovasi ini disuguhkan oleh merek peralatan dapur asal Jerman, Thermomix. Penggunanya hanya tinggal memasukkan bahan-bahan dengan melihat arahan yang tersedia di layar yang merupakan layar sentuh, menekan arahan, dan mesin memasak sendiri.

"Masaknya dengan mengatur waktu dan suhu, kecepatan, mesinnya tanpa gesekan jadi sangat tahan lama," kata Ita Chrisjanty Limowa selaku Director Thermomix Indonesia saat ditemui di kawasan Tangeran, Banten, Rabu, 10 November 2021.

Ita melanjutkan, alat masak ini berkecepatan memutar 10.700 rotasi per menit. Dengan kecepatan itu, peralatan tersebut dapat menghancurkan gula batu menjadi serbuk gula hingga buah beku menjadi sajian sorbet.

"Bisa juga menjadi timbangan, blender, mencincang daging, buat adonan roti, slow cook, fermentasi sampai 12 jam, dan bikin daging empuk," Ita menambahkan fungsi alat ini.

Salah satu fitur yang ditonjolkan adalah mesin berbahan stainless steel dengan pisau yang dapat berputar searah jarum jam atau sebaliknya. Mesin alat ini tidak akan memulai memasak jika tidak tertutup rapat dan dikunci.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

75 Ribu Resep

Meski memiliki beragam kegunaan, Ita mengungkapkan bahwa alat ini juga tak dapat dipakai untuk aktivitas masak tertentu. "Thermomix tidak bisa menggoreng dengan minyak dan tidak bisa memanggang," katanya.

Dikatakan Ita, alat dapur ini memasak dengan suhu rendah dan suhu tertingginya adalah 160 derajat Celcius. Alat masak ini berbahan stainless steel dengan sistem pemanas terintegrasi dan sensor suhu.

Di dalamnya, pengguna dapat menemukan lebih dari 75 ribu resep dari seluruh dunia. Saat ini tersedia 233 resep dalam bahasa Indonesia.

Beragam fitur otomatis turut melengkapi alat masak ini. Selain memasak sendiri, Thermomix juga dapat memperbarui software sendiri asalkan telah terhubung dengan internet.

3 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Pembaruan tersebut merujuk pada fitur yang tersedia hingga penyempurnaan resep. Saat akan memperbarui, pengguna tidak dapat menggunakan alat masak ini untuk sementara. Namun jika masih ingin memasak, pembaruan software dapat ditunda.

"Ini juga bisa mencuci dan membilas sendiri. Tinggal masukkan air dan satu titik sabun," kata Ita. Cara kerjanya adalah dengan putaran kuat di dalam yang membantu membersihkan alat itu setelah digunakan untuk memasak atau membuat adonan.

Alat masak otomatis tersebut saat ini telah digunakan di 18 kota di seluruh Indonesia. Thermomix juga terintegrasi dengan Cookidoo untuk melihat resep hingga membuat rencana masakan.

Platform ini berbayar seharga 39 dolar AS atau setara Rp557 ribu per tahun. Di Indonesia, Thermomix dijual seharga Rp27 juta.

 
4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.