Sukses

Mencicipi Tren Gaya Hidup Terkini Korea Selatan di Jakarta

Tren dan gaya hidup penduduk Korea Selatan yang sedang sangat digandrungi, bukan hanya di Indonesia tapi juga di banyak negara

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat kita masih sulit untuk melakukan perjalanan internasional. Ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bisa pergi ke luar negeri, termasuk ke Korea Selatan.

Meski belum bisa berlibur ke Korea Selatan, masih ada cara lain untuk merasakan nuansa atau atmosfer Korea di negeri sendiri. Di Jakarta, misalnya, Anda bisa mengunjungi Pameran K-Lifestyle in ASEAN 2021 yang digelar di Mal Central Park Jakarta.

Beragam produk khas Korea Selatan dihadirkan dalam pameran ini, mulai dari produk kecantikan seperti skincare yang dikenal dengan K-beauty, makanan atau K-food, produk fesyen, sampai peralatan dapur. K-beauty yang ramai dipamerkan yakni sheet mask, serum dari bahan alami, moisturizer dan sebagainya. Untuk K-food ada tteokbokki, ramyeon, dan sebagainya.

Dalam pameran ini, kita bisa melihat tren dan gaya hidup penduduk Korea yang sedang sangat digandrungi, bukan hanya di Indonesia tapi juga di banyak negara lainnya. Pameran ini digelar oleh Korea Trade Investment Promotion Agency (KOTRA) yang berkolaborasi dengan Korean Tourism Organization (KTO).

Pemeran berlangsung selama 9 November--14 November 2021, dengan tujuan memperkenalkan aneka produk asal Korea Selatan ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Saat pengunjung datang ke lokasi, bisa terlihat nuansa khas Korea, dari mulai ornamen pameran khas gerbang kerajaan Joseon pada masa silam. Pelayan yang menyambut juga mengenakan busana tradisional perempuan Korea Selatan, yaitu hanbok.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Besar

Menurut Direktur KOTRA Asia Tenggara dan Oseania, Lee Jeong Seob, selain membuat masyarakat Indonesia bisa lebih kenal produk sehari-hari masyarakat Korea Selatan, ini juga menjadi cara Korea memperluas produk ekspornya.

"Kami akan mendisversifikasi kategori produk yang masuk ke pasar ASEAN. Di Asia Tenggara potensi pasarnya sangat besar, bersamaan dengan kegiatan perluasan ekspor," terang Jeong di Mal Central Park, Jakarta Barat, Selasa, 9 November 2021.

Jeong menambahkan, awal mula pesatnya perkembangan brand-brand Korea ini tak lepas dari pengaruh sosial media serta dunia hiburan. Industri musik atau K-Pop, industri film dan televisi atau K-Drama diyakini sangat berpengaruh dalam terbentuknya Korean Wave yang semakin populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

3 dari 4 halaman

Peoduk Terlaris

"Bukan hanya kaum milenial atau perempuan, sekarang ini generasi yang lebih senior dan juga laki-laki sudah mulai terpengaruh dengan tren Korea ini. Contoh terbarunya, serial Squid Game yang suskes besar, serial ini kan banyak ditonton pria dan mereka semakin ingin tahu tentang Korea,” ucap Jeong.

Lalu, apa produk Korea yang saat ini paling digemari di Indonesia? "Yang terlaris sekarang ini masih produk kecantikan, K-Beauty, terutama skincare. Itu banyak sekali penggemarnya di Indonesia dan masih berpotensi besar untuk tetap digemari," ungkap Jeong.

Selain pameran brand-brand Korea, event ini juga menggelar beragam acara seperti talk show, beauty classes, demo masak, game dalgona, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.