Sukses

Dicari Ilustrator untuk Kolaborasi Bareng Brand Lokal

Brand SOLVO tidak hanya menargetkan orang yang bekerja sebagai ilustrator profesional. Simak cara ikutannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi telah mengajarkan pentingnya kolaborasi, dan semangat ini diekspansi brand lokal SOVLO. Melalui kampanye #BanggaIlustratorLokal, pihaknya membuka kesempatan bagi ilustrator dalam negeri untuk berkolaborasi dalam produk rilisan mereka.

"Ini terbuka untuk siapa pun, tidak hanya orang yang bekerja sebagai ilustrator profesional. Tidak ada batasan usia juga. Sebelumnya kami sudah bekerja sama dengan ilustrator yang juga ibu rumah tangga, mahasiswa, dan arsitek," kata CEO, sekaligus founder SOVLO Lidya Valensia dalam jumpa pers virtual, Selasa, 9 November 2021.

Bakal berlangsung hingga akhir tahun 2022, kampanye ini menargetkan kerja sama dengan 400 hingga 500 ilustrator lokal. "Jadi, kira-kira 28 sampai 42 ilustrator per bulan," imbuh Lidya.

Untuk ikutan, Lidya menjelaskan, ilustrator bisa menghubungi pihaknya melalui akun Instagram resmi SOLVO. "Atau mengisi form yang disediakan di akun Instagram kami," katanya. Jika lolos, SOVLO akan menghubungi ilustrator itu untuk proses selanjutnya.

"Setelahnya baru akan masuk proses produksi. Kerja sama ini menggunakan sistem bagi hasil. Artinya, nominal yang diterima ilustrator akan berbanding lurus dengan hasil penjualan," Lidya memaparkan.

Ia menambahkan, tidak ada gaya ilustrasi spesifik yang diarahkan dalam kampanye ini. "Sengaja dibebaskan agar makin banyak karya ilustrasi dengan gaya berbeda yang bisa jadi pilihan menarik," ucapnya.

Yang harus digarisbawahi, katanya, setiap ilustrasi yang dikirimkan harus orisinal. Kemudian, gambarnya tidak mengandung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) maupun pornografi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilih Karya Ilustrator Lokal

Sebagai salah satu ilustrator lokal yang berkolaborasi dengan SOVLO, Popomangun mengatakan, dalam prosesnya, ia akan lebih dulu mengurasi gambar. "Cocok atau enggak buat produknya. Kemudian, kalau dipakai cowok bagaimana, kalau dipakai cewek bagaimana, itu juga harus dipikirkan," katanya di kesempatan yang sama.

Lidya menyambung, "Setelah berkolaborasi dengan sejumlah ilustrator, kami menemukan kualitas karya ilustrator lokal ini sangat baik dan disukai konsumen. Sayangnya di situasi krisis, karya-karya mereka sering hanya berakhir di atas kertas atau disimpan di komputer, tanpa menghasilkan pendapatan bagi mereka."

Karena itu, pihaknya bermaksud saling mendukung di masa pertumbuhan ekonomi ini. "Di satu sisi, kami merangkul ilustrasi lokal untuk terus berkarya, dan di sisi lain, kami juga menyediakan desain beragam untuk dipilih pelanggan," katanya.

Berbicara kesempatan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, sudah saatnya publik memilih karya ilustrasi lokal, menganggap ilustrator sebagai salah satu pekerjaan bergengsi sekarang. "Dari Kemenparekraf, produk ready-to-wear masih akan jadi yang didorong perkembangannya tahun depan," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Ada Produk Apa Saja?

Lidya mengatakan, karya ilustrator lokal terpilih nantinya akan jadi desain utama produk-produk SOLVO. Beberapa item andalannya antara lain tas, dari tote bag, sling bag, sampai tas laptop, card wallet, pouch, serta berbagai potongan busana, seperti outer dan kemeja.

"Kami punya lifetime warranty. Jadi, misalnya setelah pemakaian ada kerusakan, pelanggan bisa servis barang mereka secara free," ujar Lidya. Soal harga, pihaknya mengklaim masih terjangkau, yakni mulai dari Rp50 ribuan.

Selain bisa dibeli secara online melalui e-commerce, produk SOLVO juga sudah tersedia secara offline di Pos Bloc Pasar Baru Jakarta. "Kami juga akan membuka offline store kedua di Urban Farm PIK," tuturnya.

Yang terdekat, mereka akan merilis produk yang berkolaborasi dengan Popomangun pada 13 November mendatang. "Nantinya bisa dibeli online maupun offline," ujar Lidya.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.