Sukses

Gelang Berlian Ratu Terakhir Prancis Marie Antoinette Laku Dilelang Seharga Rp118 Miliar

Pembeli gelang berlian ratu terakhir Prancis Marie Antoinette dilaporkan tidak teridentifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Nama ratu terakhir Prancis, Marie Antoinette, kembali menarik perhatian dunia. Kali ini berkaitan dengan sepasang gelang berlian miliknya yang laris terjual 8,34 juta dolar AS atau Rp112 miliar dalam sebuah lelang Christie di Jenewa, baru-baru ini.

Gelang mewah istri Raja Prancis Louis XVI ini termasuk perhiasan langka dari kerajaan. Gelang itu tercatat dilapisi 112 berlian dan masing-masing memiliki berat 97 gram, dilansir dari laman Indian Express, Kamis (11/11/2021).

Aksesori bersejarah ini terjual lebih dari perkiraannya yang semula antara 2 juta dan 4 juta Franc Swiss. Harga akhir termasuk pajak merupakan harga penawaran tertinggi, tapi pembelinya tidak teridentifikasi.

Setelah kematian Antoinette dalam Revolusi Prancis pada 1793, gelang yang telah dipesan sekitar 17 tahun sebelumnya ini diturunkan ke putrinya Marie-Therese. Gelang itu disimpan dalam garis keturunan kerajaan selama lebih dari 200 tahun, kata rumah lelang.

"Seperti yang terlihat dalam penjualan Jenewa baru-baru ini, pasar untuk permata milik bangsawan terus memberikan hasil sangat baik," ungkap Francois Curiel, ketua divisi balai lelang Christie's, seperti diberitakan kanal Bisnis Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlian Antik

Spesialis perhiasan Christie, Marie-Cecile Cisamolo, mengungkap pada AFP, bukan hanya sejarah yang membuat gelang itu luar biasa, tapi juga ukuran berlian, berkisar antara satu hingga empat karat. Meski sangat sulit untuk menentukan ukuran pastinya, berlian tersebut dipastikan antik.

Secara total, rumah lelang memperkirakan gelang itu terdiri dari 140 hingga 150 karat berlian. Masing-masing terdiri dari tiga baris permata dan dapat dihubungkan, bahkan dikenakan sebagai kalung.

Menurut pihaknya, Marie-Antoinette memesan gelang dari perhiasan Charles August Boehmer di Paris pada 1776, dua tahun setelah naik takhta. Ia membayar 250.000 livre untuk membawa pulang perhiasan tersebut.

3 dari 4 halaman

Lelang Tandingan

Pada Rabu, 10 November 2021, sebagai bagian dari lelang perhiasan Jenewa reguler, rumah saingan Sotheby's akan melelang safir oval 26,8 karat. Safir itu dikelilingi berlian dan klip telinga yang serasi milik Grand Duchess Maria Pavlovna dari Rusia. Ini merupakan salah satu aksesori yang dibawa keluar dari Rusia selama revolusi pada 1917.

Perhiasan itu diharapkan mengumpulkan sebanyak 525,8 ribu dolar AS atau Rp7,7 miliar. Di sampung itu, pada Kamis, (11/11/2021), Sotheby's akan melelang sepasang sepatu kets Nike Kobe Bryant, bintang Los Angeles Lakers yang meninggal dalam kecelakaan helikopter di California tahun lalu.

Sepatu bola basket itu diperkirakan akan terjual hingga 35 ribu franc Swiss. Bryant mengenakan sepatu kets dalam kemenangan 17 Maret 2004 atas L.A. Clippers, menurut rumah lelang.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.