Sukses

6 Hal Buruk yang Akan Terjadi Ketika Tidur Tanpa Membersihkan Make Up

Apa Anda sering membiarkan make up masih menempel saat tidur?

Liputan6.com, Jakarta - Make up bisa meningkatkan kepercayaan diri sebagian orang. Tapi, ada konsekuensi yang mengikutinya agar riasan itu tidak menimbulkan masalah di kulit wajah.

Tanggung jawab itu adalah dengan mencuci wajah hingga bersih, terutama sebelum tidur. Apa jadinya ketika Anda merasa lelah setelah pergi seharian dengan menggunakan riasan wajah dan tidak mencuci muka dengan alasan terlalu lelah untuk membersihkan?

"Tidur dengan menggunakan make up merupakan ide yang buruk. Make up dapat memerangkap kotoran dan polutan lingkungan di dalam kulit," ujar Dr. Sue Ann Wee dari Schweiger Dermatology Group di Kota New York, Amerika Serikat, dilansir dari Byrdie, Minggu, 31 Oktober 2021.

Dr. Wee menambahkan, kebiasaan Anda untuk tidak membersihkan riasan wajah secara lembut dapat membahayakan kesehatan kulit Anda. Melansir Good Housekeeping, berikut enam hal buruk ketika Anda tidur tanpa membersihkan riasan wajah.

1. Tiba-Tiba Berjerawat

Ketika bangun tidur di pagi hari dengan make up tebal masih menempel, akan timbul satu atau dua bahkan lebih jerawat tanpa permisi. Menurut Dr. Annie Chiu, seorang dokter kulit selebriti, ketika Anda tidak membersihkan wajah Anda, kotoran dan sel kulit mati tidak akan terangkat.

"Mereka akan tinggal di kulit, menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan kronis dan membentuk jerawat," ujar Dr. Chiu. Selain itu, riasan yang masih tertinggal selama tidur akan menghalangi kulit beregenerasi. 

2. Kulit Wajah Tampak Kusam

Selain timbulnya jerawat secara tiba-tiba, Anda akan melihat wajah Anda tampak kusam. "Minyak dan sel kulit mati pada lapisan terluar kulit akan menempel di bantal sepanjang malam dan pergantian lapisan epidermis yang kusam secara alami akan berkurang," Dr. Chiu.

Dr. Chiu menambahkan bahwa pembersihan dan pengelupasan kulit merupakan proses untuk memunculkan sel-sel kulit baru yang sehat dan memungkinkan proses perbaikan alami kulit terjadi. Setelah perawatan kulit yang rutin, kulit Anda akan tampak bercahaya, sehingga Anda tidak memerlukan riasan untuk mencerahkan kulit.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tampak Lebih Tua

Dr. Chiu mengatakan, kotoran dan riasan yang masih menempel di kulit Anda, dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh lingkungan, setelah Anda beraktivitas. "Hal ini dapat mengarah pada kerusakan lapisan pertahanan kulit dan penuaan dini pada wajah Anda," tutur Dr. Chiu.

Salah satu contohnya terjadi pada 2013. Ssurat kabar Daily Mail bereksperimen untuk melihat efek make up pada wajah. Seorang wanita menjadi responden dengan berhenti membersihkan wajahnya selama sebulan penuh.

Wanita ini tidak mencuci wajahnya setiap pagi dan langsung mengoleskan kembali riasannya. Para ahli mengatakan bahwa wanita ini benar-benar menua sepuluh tahun dari usianya, hanya karena dia melewatkan pembersihan wajah selama 30 hari.

4. Memperburuk Kondisi Wajah Berjerawat

Membersihkan wajah merupakan langkah penting dalam rangkaian perawatan kecantikan, terutama untuk kulit yang sensitif atau berminnyak.

"Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, seperti pasien yang berjerawat, tidur dengan riasan di wajah dapat memperburuk kondisi kulit mereka," tutur Dr. Chiu.

5. Mengalami Infeksi

Walaupun aktivitas tidur dengan riasan mungkin tidak menyebabkan infeksi. Dr. Chiu memperingatkan bahwa jika Anda memiliki abrasi (luka kulit) yang aktif, seperti jerawat yang sedang meradang, ada kemungkinan terjadinya infeksi.

Infeksi ini dapat terjadi karena skin barrier Anda terganggu. "Jangan lupa, kulit kita adalah garis pertahanan pertama untuk melawan infeksi," ujarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

6. Muncul Ruam Pada Wajah Anda

Hal buruk lain yang akan terjadi pada wajah Anda adalah munculnya ruam pada wajah, terlebih bagi Anda yang memiliki rosacea atau kulit yang sensitif. Menurut Dr. Chiu, make up sering kali mengandung bahan iritan, seperti pewarna dan parfum.

"Bila (make up) dibiarkan di kulit dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan peradangan," tambahnya.

Riasan mata, terutama maskara, dapat menyimpan patogen berbahaya yang dapat menyebabkan peradangan, baik di dalam maupun di sekitar area mata. Pembersihan secara rutin dapat membantu pula untuk mengurangi kontaminasi pada riasan Anda. Dr. Wee menambahkan, peradangan juga terjadi akibat reaksi alergi, khususnya dari produk yang tidak sesuai dengan aturan FDA/BPOM.

Maka itu, biasakan membersihkan riasan sebelum tidur, bahkan saat sedang kelelahan sekalipun, karena efeknya akan bertahan dalam jangka panjang. Ketika malam hari, jika Anda memakai riasan tebal, mulailah untuk menghapus riasan dengan cepat.

"Jika Anda memiliki kulit normal hingga kering, cari pembersih yang lembut untuk mengangkat kotoran dan riasan," ujar Dr. Chiu.

"Untuk kulit berminyak, carilah pembersih untuk pengelupasan kulit dengan asam alfa-hidroksi. Sementara itu, untuk kulit berjerawat, pertimbangkan perawatan topikal yang mengandung bahan aktif dapson," tambahnya. Dia menyarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

Tips Perawatan Rambut di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.