Sukses

Sosok Tom Liwafa yang Berjanji Dukung Gala, Anak Mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah Hingga Sukses

Tidak hanya keluarga kecil Vanessa Angel saja, pengasuh Gala yang juga menjadi korban juga diperhatikan kondisinya oleh Tom Liwafa.

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian pasangan selebritas Tanah Air, Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Andriansyah pada 4 November lalu, masih meninggalkan kesedihan bagi banyak orang. Tidak hanya bagi keluarga tapi bagi sahabat, teman-teman, dan juga masyarakat.

Simpati dan dukungan pun berdatangan, salah satunya dari Tom Liwafa yang dikenal sebagai Crazy Rich Surabaya. Ia merupakan salah satu sahabat dari mendiang Vanessa dan Bibi. Ia dicari warganet lantaran sempat menjaga anak Vanessa dengan Bibi di rumah sakit pasca insiden kecelakaan.

Tom mengurus jenazah sahabatnya serta perawatan anaknya di RS Bhayangkara. Tidak hanya keluarga kecil Vanessa saja, pengasuh Gala pun yang menjadi korban, juga diperhatikan kondisinya.

Dalam salah satu Instagram Storynya beberapa waktu yang lalu, Tom beserta sahabat pengusahanya berjanji untuk membimbing Gala Sky Andriansyah hingga sukses. Untuk hak asuh, ia menyatakan bukan kapasitasnya dan menyerahkannya kepada pihak keluarga.

Ditelusuri dari akun media sosial TikTok @tom.liwafa, Tom merupakan seorang pebisnis yang memulai usahanya sebagai pedagang kaus. Tom yang berawal dari orang biasa saja, bisa menjadi miliarder.

Ia dan sang istri telah merintis usaha sejak masa pacaran. Dalam video tersebut, Tom menceritakan awal mula ia membuka usaha yang dilengkapi dengan kumpulan foto-foto semasa ia berjuang dahulu.

Usaha pertama kali berawal dari sebuah lapak yang berkembang menjadi distro yang berlokasi di dalam gang kecil. Tom juga pernah memasarkan dagangannya ke Jakarta dengan modal nekat dan berhasil menggaet peminat di berbagai kota.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sering Berbagi

Pada 2011, Tom mencoba membuka bisnis tas dan sepatu wanita yang dibangunnya bersama Delta Hesti, istri yang dinikahinya sejak 2015 lalu. Selanjutnya, pada 2019, Tom mencoba untuk membuka bisnis kuliner dan sempat sepi karena terkena imbas pandemi.

Pada 2020, usaha kulinernya ternyata berkembang hingga memiliki 26 cabang. Beberapa usaha yang dimiliki oleh Tom Liwafa beserta istri antara lain, Deliwafa, Sei Sapiku, dan Handmadeshoesby.

Selain dikenal dengan berbagai macam bisnis hingga dijuluki sebagai Crazy Rich Surabaya, dalam akun media sosial Instagram @tom.liwafa diketahui sering berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Beberapa waktu lalu, pria lulusan Universitas Ciputra ini membagikan kardus berisikan mi instan, uang, dan beras, untuk orang-orang jalanan di Surabaya. Aksi tersebut dilakukannya bersama teman-temannya dari komunitas Entrepreneur versus Corona, terlebih ketika masa pandemi seperti ini.

3 dari 4 halaman

Seminar di Panti Asuhan

Selain itu, Tom dan Delia juga terlihat sering berbagi walaupun bukan atas nama komunitas. Ia juga pernah memberikan bantuan kepada pemerintah Kota Surabaya.

"Tiga hari sebelumnya kami berikan bantuan dan diterima Wali Kota Bu Risma. Ini sudah 10 kali (aksi donasi-red)," ucap Tom, kepada Liputan6.com beberapa waktu yang lalu. 

Bukan itu saja, Tom diketahui suka memberikan seminar motivasi di yayasan yatim piatu sembari beramal. Menurutnya, menggelar seminar di panti asuhan dapat menanamkan mindset pengusaha kepada anak-anak di panti asuhan sejak kecil. "Yang jelas semua seminar saya di panti asuhan selalu menanamkan nilai kerja keras, jujur, dan setia kawan," tulisnya dalam salah satu unggahan di akun Instagram @tom.liwafa.

Sekitar dua minggu lalu, Tom membagikan unggahan ketika dirinya sedang berbagi ilmu kepada para santri, santriwati, dan supir ojek online mengenai digital marketing. Walaupun dijuluki sebagai 'Crazy Rich Surabaya', banyak unggahannya yang menunjukkan bahwa dia senang berbagi kepada masyarakat. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

Cinta Sehidup Semati Vanessa Angel - Bibi Andriansyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.