Sukses

Tata Cara Perayaan Diwali 2021 di Masa Pandemi COVID-19

Karena pandemi belum berakhir, perayaan Diwali 2021 di Indonesia berlangsung dengan aturan kesehatan yang ketat.

Liputan6.com, Jakarta - India dengan mayoritas penduduknya yang beragama Hindu tengah merayakan hari besar Diwali Kamis (4/11/2021). Salah satu perayaan penting di India ini juga acap kali disebut dengan festival cahaya.

Pemandangan lampu dan lilin yang menerangi rumah-rumah, suguhan lezat, dan sapaan hangat telah dilekatkan dengan festival tersebut. Tidak heran jika Diwali 2021 jadi salah satu yang ditunggu-tunggu.

Meski pandemi belum berakhir, suasana festival tetep berjalan dengan aturan kesehatan yang ketat. Dilansir dari news18, Kamis (4/11/21), berikut sederet hal yang perlu diperhatikan dalam perayaan Diwali 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merayakan Diwali 2021 dengan Aman

1. Gunakan kembang api berkualitas dan nyalakan di area terbuka. Jaga jarak aman saat menyalakan kembang api agar pakaian tidak terbakar. Siapkan alat pemadam api, air, serta pasir.

2. Kembang api mengakibatkan polusi udara dan suara. Penangan yang salah dapat berdampak negatif pada penglihatan dan pendengaran, bahkan menyebabkan masalah pernapasan.

3. Pilih pakaian dan alas kaki yang tepat. Hindari mengenakan pakaian sintetis saat menyalakan kembang api atau berada di dekat aktivitas tersebut karena mudah terbakar.

4. Hindari makan berlebihan selama festival. Alih-alih satu atau dua kali makan berat, makanlah lima sampai enam makanan kecil sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

Patuhi Aturan Kesehatan

5. Siapkan kotak P3K setiap saat. Dalam kasus luka bakar, berikan air dingin dan kompres dingin. Pastikan Anda memiliki kontak darurat yang tersedia jika terjadi sesuatu yang serius.

6. Hindari penggunaan hand sanitizer sebelum menyalakan lilin. Sanitizer biasanya mudah terbakar dan dapat menyebabkan bahaya kebakaran yang serius. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air sebagai gantinya sebelum melakukan apa pun yang melibatkan api.

7. Masker adalah suatu keharusan, jadi pakailah setiap waktu. Selain mencegah virus, masker juga akan membantu Anda terhindar dari polusi. Saat dikelilingi banyak orang, kenakan masker Anda.

8. Rayakan di rumah bersama keluarga dan hindari pertemuan besar. Pertahankan jarak sosial yang aman saat bertemu orang di luar. Hindari berpelukan atau berjabat tangan dengan siapa pun.

 

Penulis: Alicia Salsabila

4 dari 4 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.