Sukses

Sederet Curug di Taman Nasional Gunung Ciremai

Curug-curug di Taman Nasional Gunung Ciremai ini mengalir sepanjang tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki banyak air terjun yang tersebar di berbagai tempat, salah satunya di Taman Nasional Gunung Ciremai, Jawa Barat. Destinasi wisata, yang juga dikenal sebagai curug di tempat tersebut, sangat variatif.

"Terkait data debit itu air itu diukur dari mata airnya berdasarkan keputusan Dirjen KSDAE nomor 40 tahun 2017. Jadi, debit airnya bukan diukur dari jatuhan air terjunnya," tulis akun @gunung_ciremai, Selasa, 2 November 2021.

Lebih lanjut akun tersebut menyebutkan sejumlah air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Air terjun di sini mengalir sepanjang tahun.

"Oh ya, bila sedang berkunjung, sebaiknya sobat tidak nyemplung ke jatuhan air pertama curug karena hal itu bisa menimbulkan pencemaran air. So, mari ketahui dan lakukan prinsip konservasi alam," lanjut akun tersebut.

Sejumlah curug di Taman Nasional Gunung Ciremai, yakni Curug Putri, Curug Remis, Curug Gongseng, Curug Payung, Curug Leles, Curug Sawer, Curug Cipeuteuy, Curug Lembah Cilengkrang, dan Curug Cisurian.

Curug Putri

Wisata alam ini berada di Buper Palutungan, Kuningan, Jawa Barat. Curug ini memiliki memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan debit air 500 liter per detik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Curug Remis

Wisata alam ini berada di Puncak Sawiyah, Majalengka. Curug ini memiliki ketinggian 20 meter dengan debit air satu liter per detik.

Curug Gonseng

Berada di Desa Wisata Cibuntu, curug ini memiliki ketinggian 12 meter dengan debit air sekitar 12 liter per detik.

Curug Payung

Destinasi ini berada di wisata alam Ipukan, Kuningan. Curug ini memiliki ketinggian 11 meter dan airnya mengalir  75 liter per detik sepanjang tahun.

Curug Leles

Curug ini berada di wisata alam Buper Leles, Majalengka. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar lima meter dengan air yang mengalir 158 liter per detik.

3 dari 4 halaman

Curug Sawer

Air terjun ini berada di wisata alam Curug Sawer di Majalengka, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dengan debit air 110 liter per detik.

Curug Cipeuteuy

Berlokasi di wisata alam Curug Cipeuteuy di Majalengka, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian tujuh meter dengan debit air dua liter per detik.

Curug Lembah Cilengkrang

Lokasinya di Kuningan, Jawa Barat, dengan ketinggian 10 meter. Debit airnya 328 liter per detik.

Curug Cisurian

Air terjun ini berada di wisata alam Ipukan, Kuningan, Jawa Barat. Curug ini memiliki ketinggian delapan meter, sementara airnya mengalir 75 liter per detik sepanjang tahun.

4 dari 4 halaman

Infografis 9 Strategi Antisipasi Potensi Gelombang III Covid-19 Saat Libur Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.