Sukses

Disangka Aksesori Murah, Lansia Nyaris Buang Berlian Seharga Rp38 Miliar

Setelah diyakinkan tetangganya, wanita paruh baya itu memutuskan mengecek keaslian berlian tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Barang yang sekilas terlihat tidak berharga ternyata bisa saja memiliki nilai fantastis. Salah satunya adalah aksesori milik seorang wanita lansia asal Inggris.

Dilansir dari mirror.co.uk, Selasa, 2 November 2021, wanita ini sedang membersihkan rumahnya saat menemukan beberapa perhiasan yang terlihat seperti berlian imitasi. Awalnya, ia berniat membuang aksesori tersebut.

Namun, ia kemudian membawa berlian bersama barang lain untuk ditakar nilainya. Ini setelah wanita lansia itu diyakinkan tetangganya. Ia pun pergi untuk mengecek keaslian berlian tersebut.

Betapa terkejutnya ia, bahwa itu merupakan berlian murni. Berlian yang dibeli bertahun-tahun lalu di penjualan boot mobil adalah berlian 34 karat senilai 2 juta pound sterling atau sekitar Rp38 miliar.

Menurut Mark Lane, perwakilan dari perusahaan lelang Featonby's, wanita itu datang ke tokonya dengan membawa tas penuh perhiasan. Menariknya, ia meninggalkan semua itu di toko karena punya kesibukan lain.

"(Berlian) itu ada di dalam kotak bersama perhiasan bernilai rendah," katanya."Kami melihat berlian yang cukup besar, lebih besar dari koin satu pon, dan mengira itu adalah zirkonia kubik yang merupakan sejenis berlian imitasi."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlian Terbesar

Lane menambahkan, berlian itu semula ada di meja kerjanya selama dua atau tiga hari sampai penguji berlian datang. Lane kemudian mengirim perhiasan itu ke mitranya di London sebelum dikonfirmasi ahli di Antwerpen, Belgia bahwa itu adalah berlian 34 karat.

Menurut Lane, itu merupakan berlian terbesar yang pernah dilihat selama ia menjalankan usahanya. Lane mengatakan, wanita tua itu tidak mau namanya disebut.

Lane hanya mengonfirmasi bahwa wanita itu senang pergi ke penjualan boot mobil, dan tidak pernah menyangka bahwa itu merupakan berlian asli. Berlian itu kini disimpan di lokasi yang lebih aman di Hatton Gardens, London sebelum dilelang pada 30 November mendatang. 

3 dari 4 halaman

Berlian Kuning di AS

Peristiwa serupa juga terjadi di Amerika Serikat (AS). Seorang wanita asal California, AS, menemukan berlian kuning 4,38 karat di taman negara bagian Arkansas pada akhir September 2021.

Ia membawa pulang harta karun itu, kata Arkansas State Parks. Wanita bernama Noreen Wredberg ini menemukan berlian tersebut di atas tanah, dikutip dari USA Today.

Pihak Arkansas State Parks mengatakan, berlian Wredberg adalah berlian terbesar yang ditemukan tahun ini di situs tersebut. Sejak 1906, lebih dari 75 ribu berlian telah digali di Kawah Berlian, yang jadi taman negara pada 1972.

Pada September 2021, Taman Nasional Arkansas melaporkan bahwa 258 berlian telah didaftarkan di Kawah Berlian sepanjang tahun ini. Setiap hari, rata-rata satu hingga dua berlian ditemukan pengunjung taman.

Wedberg belum mengetahui harga berlian tersebut karena masih dalam penelitian. Namun kabarnya, harga per karatnya sekitar 3,5 ribu dolar AS atau Rp49 juta, sehingga permata itu bisa bernilai 15.330 dolar AS atau Rp217 juta.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.