Sukses

Simak 5 Manfaat Berwudu bagi Kesehatan Tubuh

Nyatanya, berwudu tidak semata jadi syarat sah salat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum melaksanakan ibadah salat, muslim diwajibkan berwudu terlebih dahulu. Wudu adalah kegiatan bersuci dari hadas kecil. Ibadah salat akan sah jika seseorang dalam keadaan suci dan bersih.

Air yang boleh dipakai wudu adalah air yang suci dan mensucikan. Secara umum, yang dimaksud adalah air yang bisa ditemukan pada air yang mengalir seperti air sumur, sungai, laut, salju, atau air hujan.

Selain sebagai syarat sah salat, melansir Kapanlagi.com, Selasa (2/11/21), berikut sejumlah manfaat berwudu bagi kesehatan tubuh.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menghilangkan Sakit Kepala

Penyebab sakit kepala di antaranya stres, asam lambung tinggi, dan cuaca panas. Air yang disapu ke kepala saat berwudu akan memberikan efek menyegarkan. Juga, dapat meredakan stres.

3 dari 7 halaman

2. Membersihkan Gigi dan Gusi

Saat berwudu, seseorang akan berkumur sebanyak tiga kali. Ini dapat membuang semua sisa kotoran yang tertinggal di dalam mulut dan membuatnya tetap bersih.

Manfaat lainnya adalah produksi air liur di dalam mulut bisa bertambah. Air liur sendiri berfungsi untuk membersihkan mulut dari bakteri dan bau mulut yang timbul karena bakteri di dalam mulut.

4 dari 7 halaman

3. Terhindar dari Penyakit Kulit

Dengan berwudu, seseorang dapat menghilangkan penyakit di dalam kulit, salah satunya kanker kulit. Terlebih, berwudu sebenarnya dilakukan pada hampir setengah dari bagian tubuh.

5 dari 7 halaman

4. Mencegah Jerawat

Berwudu dapat mencegah jerawat karena akan membersihkan wajah dari debu dan kotoran. Selain itu, berwudu secara teratur juga membantu melancarkan peredarah darah. Jika peredaran darah pada wajah lancar, tidak akan ada darah kotor penyebab jerawat.

6 dari 7 halaman

5. Mencerahkan Wajah

Berwudu dapat meremajakan sel-sel kulit untuk membuat kulit tampak cerah, serta mengurangi kerutan. Ini disebabkan peredaran darah yang lancar.

 

Penulis : Alicia Salsabila

7 dari 7 halaman

Infografis Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.