Sukses

IdeaFest 2021 Digelar Hybrid, Hadirkan Ragam Acara Seru

IdeaFest 2021 akan diselenggarakan secara hybrid mulai 18--28 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - IdeaFest 2021 siap kembali dengan inovasi segar dan ragam keseruan. Gelaran tahunan dari industri kreatif ini bakal berlangsung secara hybrid, yakni offline di M Bloc Space, Jakarta dan secara online mulai 18--28 November 2021.

Pada 2020, IdeaFest mengangkat "Restart" sebagai tema acara karena pandemi Covid-19 mengubah bisnis di industri kreatif. Mengingat pandemi yang masih belum usai hampir dua tahun berlalu, kondisi ke depan dirasa masih dalam ketidakpastian. Pada IdeaFest tahun ini akan menggaungkan tema bertajuk "The Future of X".

"Melihat hal dengan kondisi yang tidak pasti, tema ini mengajak berpikir masa depan seperti apa dengan kreativitas bisa membangun masa depan," kata Co-Founder IdeaFest Ben Soebiakto dalam konferensi pers virtual IdeaFest 2021, Kamis (28/10/2021).

Ben melanjutkan, "X" sendiri merepresentasikan 10 tahun dalam membangun kreativitas di Indonesia lewat kolaborasi kreatif dengan para pelaku di dalamnya. Kolaborasi dikatakannya sangat penting karena industri kreatif penting untuk saling mengenal dan membangun.

"X bisa diartikan faktor X, di mana uncertain akan tercipta opportunity baru, orang kreatif akan muncul ide, dan segala kondisi tidak pasti kita menyiapkan diri dan memakai ide untuk menghadapi masa depan yang baru," tambahnya.

Ben tak memungkiri, banyak dari masyarakat yang rindu untuk kembali datang dalam acara offline. Namun, di masa pandemi ini, pihaknya melihat dorongan invasi teknologi yang luar biasa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hybrid

"Kembali offline dan kami memutuskan konsep hybrid IdeaFest tahun ini. Kita tetap memiliki format online dengan mempersembahkan metaverse baru, ini platform dunia online yang menarik. IdeaFest bisa diakses inklusif di Indonesia dan dunia, menikmati berinteraksi sesama pengunjung," jelas Ben.

Dikatakan Ben, kejutan seru tahun ini juga dibarengi dengan inspirasi dari club house yang ingin menghadirkan virtual experience. Nantinya, sesama penonton bisa berinteraksi dan akan ada banyak engagement dalam konten IdeaFest.

"Offline kita gelar di M Bloc, kali ini kolaborasi sebagai apresiasi pada komunitas kreatif, tetap live streaming relay, berkumpul mendapatkan experience. Sangat deg-degan dengan semua proses," ungkapnya.

 
 
3 dari 4 halaman

Ragam Acara

IdeaFest 2021 siap menyuguhkan beragam acara seru nan menarik. Tak hanya conference dan talkshow, pihaknya juga bekerja sama dengan Juni Records menghadirkan ide bernama IdeaFest Music Camp dan mendapatkan 200 musisi baru yang ingin mendaftarkan diri.

"Kita kurasi membuat program untuk musisi baru untuk dibentuk dan dikembangkan. Di pandemi, musisi tidak ada batasan dalam berkarya," kata Ben.

Turut digelar appreciation night untuk tokoh-tokoh kreatif terbaik di Indonesia. Ada pula puluhan komunitas di Indonesia, 12 music performances, hingga 70 sesi.

Nantinya, ada lebih dari 140 speakers dari dalam dan luar negeri yang terlibat dalam gelaran ini. Beberapa di antaranya adalah musisi hip-hop Tablo, Director and Executive Producer of Netflix's Chef's Table and Street Food Brian McGinn, hingga Raffi Ahmad yang mendirikan Rans Entertainment.

 
4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.