Sukses

Kisah Mantan Guru Honorer yang Sukses Berkarir Jadi Makeup Artist

Untuk dapat bertahan hidup, para guru honorer biasanya akan mencari pekerjaan tambahan atau bahkan alih profesi.

Liputan6.com, Jakarta - Profesi guru dipandang sebagai pekerjaan mulia karena memberikan ilmu dan pendidikan untuk menempa karakter murid-muridnya dan bangsa. Meski sebagian hidup berkecukupan, masih banyak guru yang tak mendapat penghasilkan yang layak. Hal itu biasanya dialami para guru honorer.

Banyak kisah para guru honorer yang harus putar otak untuk bertahan hidup dari gaji mengajar yang tak seberapa. Mereka ini biasanya akan mencari pekerjaan tambahan atau bahkan alih profesi.

Kisah ini juga dialami oleh seorang wanita mantan guru honorer.  Lewat akun TikTok @alkenwedding, sebuah video memuat kisah mantan guru honorer itu yang kini sukses menjadi makeup artist atau MUA.

Dalam video yang dibagikan pada 19 Oktober 2021 itu, diceritakan bahwa wanita itu mendapatkan penghasilan Rp250 ribu setiap bulan. Ia akhirnya memutuskan berhenti menjadi guru honorer dan memilih menjadi perias pengantin.

"Dulu saya seorang guru honorer dgn gaji Rp250rb perbulan. Saya juga daftar kerja dikantor2 tapi tidak pernah ketrima," tulis keterangan dalam unggahan itu. Ia memutuskan untuk berhenti sebagai guru karena merasa butuh penghasilan tambahan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Diremehkan

Wanita tersebut mengaku mencoba peruntungan menjadi YouTuber dengan konten membahas soal makeup yang cukup dikuasainya.  Tak disangka, keisengannya itu berbuah hasil.

"Kemudian saya berusaha ngonten di youtube dan alhamdulillah dapet gaji hampir 10jt. Dari youtube saya iseng bikin self makeup. Ada yg minta dimakeupin waktu nikah dan dibayar seikhlasnya, waktu itu diamplopin 300rb," tulis pemilik akun tersebut.

Mulai sibuk dan serius dengan kegiatan barunya, wanita tersebut memutuskan mundur sebagai guru honorer dan memilih merintis bisnisnya sebagai seorang perias. Meski sempat diremehkan, wanita tersebut mengaku yakin dengan pilihannya.

"Saya resign dari guru dan merintis bisnis ini. Kata mereka 'udah jadi guru kok malah jadi perias'," tulisnya lagi.

"Prinsip saya. Kerja itu yg dicari uang dan kenyamanan. Gak munafik, saya lebih bahagia karna penghasilan jadi mua jauh lebih besar dari yg dulu," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Omzet Ratusan Juta Rupiah

Setelah serius menekuni pekerjaan sebagai perias pengantin, mantan guru honorer tersebut mengaku kini bisa mendapatkan omzet mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya. "Dgn omset perbulan bisa sampai ratusan juta. siapa yg gak happy," tutupnya.

Video itu langsung menjadi sorotan warganet. Kolom komentar juga ramai dengan berbagai reaksi warganet. Ada juga yang prihatin karena berkurang lagi guru honorer karena kurangnya perhatian dan pendapatan yang sangat kecil.

"Hanpir sama ceritanya kayak saya, cuma saya beralih jadi SPG. Tapi Alhamdulillah hasilnya lebih baik, bukan berarti honorer tidak baik hanya saja kita perlu uang," komentar seorang warganet.

"Saya juga guru honorer kak, emang iya soal gaji, tapi alhamdulillah...kerja dan bisnis untuk menyeimbangi," komentar warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Guru Indonesia dalam Angka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.