Sukses

Kisah Perempuan Melahirkan Anak Pertamanya di Usia 70 Tahun

Anak pertama dari perempuan lansia asal India ini lahir melalui program bayi tabung.

Liputan6.com, Jakarta- Seorang perempuan berusia 70 tahun di India melahirkan bayi laki-laki. Anak pertama dari perempuan bernama Jivunben Rabari ini lahir melalui program bayi tabung.

Menurut Rabari, ia tidak memiliki kartu identitas untuk membuktikan usianya, tapi memastikan bahwa ia berusia 70 tahun. Jika benar, ia adalah salah satu "ibu baru" tertua di dunia, seperti dilansir dari laman India.com, Jumat, 22 Oktober 2021.

Pada usia 70 tahun, kemungkinan hamil hampir tidak terjadi karena menopause. Namun, mayoritas perempuan di atas usia 45 tahun bisa hamil dengan bantuan program bayi tabung.

Menurut Times of India, pasangan itu telah menikah selama 45 tahun. Rabari dan suaminya Maldhari, 75, mengidam-idamkan punya momongan selama bertahun-tahun, tapi tidak berhasil. Namun, mereka tidak kehilangan harapan.

"Ketika mereka pertama kali datang, kami memberi tahu mereka bahwa mereka tidak dapat memiliki anak di usia yang begitu tua, tapi mereka bersikeras. Mereka mengatakan bahwa banyak anggota keluarga mereka melakukannya juga. Ini adalah salah satu kasus paling langka yang pernah saya temukan," ujar dokter Naresh Bhanushali.

Namun demikian, prosesnya menantang bagi para dokter karena usia dan faktor lain. Dokter pertama kali membuat siklus menstruasi Rabari secara teratur dengan meresepkan obat-obatan oral.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bayi Sehat

Dr Bhanushali menjelaskan, pihaknya juga melebarkan rahim Rabari yang menyusut karena usia. "Kami membuahi sel telurnya dan menciptakan blastokista dan memindahkannya ke rahim," tuturnya.

Pada usia kehamilan delapan bulan, para dokter melakukan operasi caesar dan perempuan tersebut melahirkan bayi pertamanya. Dokter mengatakan bayinya dalam keadaan sehat.

Kendati langka, namun ini bukan peristiwa pertama di India. Sebelumnya, Daljinder Kaur, yang diyakini berusia setidaknya 70 tahun saat menjalani proses bersalin, melahirkan seorang putra bernama Arman pada 19 April 2016, seperti dilansir dari laman CBS News.

Bayi itu adalah yang pertama bagi Kaur dan suaminya, Mohinder Singh Gill, setelah hampir lima dekade menikah. "Saya merasa diberkati untuk dapat menggendong bayi saya sendiri. Saya telah kehilangan harapan untuk jadi seorang ibu," kata Kaur, yang menjalani dua tahun perawatan bayi tabung dan dua kali gagal.

3 dari 4 halaman

Kasus Serupa

Kaur  bercerita, seperti dilansir Times of India, "Semua orang meminta saya mengadopsi bayi, tapi saya tak pernah mau. Saya memiliki keyakinan pada Yang Maha Kuasa, dan tahu bahwa saya akan melahirkan anak saya suatu hari nanti.

Kendati Kaur mengaku berusia 70 tahun saat melahirkan, klinik di Haryana, India, National Fertility and Test Tube Baby Centre, yang membantu dirinya hamil, menyebut usianya 72 tahun. Banyak orang di India, terutama mereka yang sekarang berusia di atas 50 tahun, tidak tahu persis usia mereka karena tidak memiliki akta kelahiran.

Pada 2006, perempuan India lainnya, Rajo Devi, melahirkan seorang putri pada usia 70 tahun, setelah perawatan di klinik yang sama. Jika Kaur berusia 72 tahun, seperti yang diklaim oleh klinik, ia jadi perempuan tertua di dunia yang melahirkan anak pertama.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.