Sukses

Menulis Online, Cara Ibu Rumah Tangga Raih Uang Selama Pandemi Covid-19

Sejumlah ibu rumah tangga memanfaatkan waktunya dengan menjadi penulis online selama pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi Covid-19 bukan berhenti untuk berkarya. Sejumlah ibu rumah tangga justru meluangkan waktu selama pandemi dengan memanfaatkan platform menulis online untuk menghasilkan uang.

Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan KBM App, aplikasi membaca dan menulis online yang berawal dari Komunitas Bisa Menulis, pada Agustus 2021 dengan melibatkan 389 responden se-Indonesia. Para responden yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga rata-rata menjadikan penulis online sebagai pekerjaan utama.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/10/2021), CEO KBM App Tendi Murti menjelaskan bahwa fitur monetisasi KBM App memberikan sistem bagi hasil yang menjanjikan bagi penulis. Dari koin yang dibeli pembaca, sebanyak 60--70 persen langsung masuk ke penulis.

"KBM App punya misi untuk bisa menyejahterahkan penulis dan mengajak lebih banyak orang untuk menjadi penulis lewat platform online," kata Tendi. Platform yang diluncurkan pada Mei 2021 ini juga ingin menularkan keyakinan jika menjadi penulis online adalah profesi yang menjanjikan secara finansial, utamanya di saat pandemi Covid-19.

Dalam satu bulan, 38 persen di antara responden ibu rumah tangga bisa mengantongi lebih dari Rp1 juta yang mayoritas digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Sebanyak 94 persen penulis di KBM App merasa terbantu secara finansial atas penghasilan tambahan yang mereka dapatkan, terlebih karena keuangan mereka juga terdampak pandemi.

Hal tersebut memungkinkan karena aplikasi ini memiliki fitur monetisasi yang menguntungkan bagi penulis. Sebanyak 69 persen responden survei mengungkapkan bahwa mereka menyukai platform ini karena menawarkan bagi hasil yang lebih besar dan proses pencairan yang cepat dibandingkan dengan platform lain.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Berpengalaman

Selain itu, dari survei tersebut terungkap sebanyak 45 persen dari para ibu rumah tangga belum berpengalaman sebagai penulis, baik menulis secara online maupun menerbitkan buku fisik. Namun setelah menjadi penulis online di aplikasi ini, sekitar 47 persen responden ibu rumah tangga mengalokasikan waktu lebih dari tiga jam per hari untuk menulis.

Adapun genre yang menjadi favorit mereka adalah drama rumah tangga. Romansa menjadi genre terpopuler di antara responden yang berprofesi sebagai karyawan kantoran.

Mereka umumnya menjadikan profesi penulis online sebagai pekerjaan sampingan dengan mengalokasikan rata-rata satu hingga tiga jam setiap hari. Penulis pekerja kantoran paling banyak menggunakan penghasilan dari menulis online ini untuk berinvestasi, baik dalam bentuk tabungan, emas, atau tanah.

3 dari 4 halaman

Lebih Produktif

Hasil survei juga menunjukkan semakin lama bergabung di KBM App, penulis akan semakin produktif. Lebih dari 50 persen responden yang telah bergabung selama satu hingga enam bulan mampu menghasilkan lebih dari empat judul cerita atau buku.

Persentase responden yang telah menghasilkan lebih dari empat judul tersebut semakin meningkat hingga 83 persen pada responden yang telah bergabung dengan KBM App lebih dari satu tahun. Sejak diluncurkan hingga saat ini, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 600.000 kali di Google Play Store dan memiliki total pengguna hingga 1,8 juta.

Setiap bulannya, ada sekitar 324 ribu pengguna aktif yang mengakses aplikasi ini. Sebagai platform membaca dan menulis yang berbasis komunitas, aplikasi ini rutin menyelenggarakan "Belajar dari Bintang" atau pelatihan dari penulis-penulis nasional sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan penggunanya.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.