Sukses

7 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Rambut, Salah Satunya Mencegah Kerontokan

Kandungan kafein dalam kopi berperan besar dalam menjaga kesehatan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara banyaknya manfaat kopi, seperti untuk diet dan membantu menjaga kesehatan kulit wajah, bahan ini juga berkontribusi pada kesehatan rambut. Memiliki akar rambut yang kuat berarti harus mendapatkan suplemen yang tepat.

Dilansir Dr Health Benefits, Selasa (19/10/2021), kopi dapat membantu rambut Anda menjadi lebih sehat, terutama jika digunakan dengan rutin. Berikut delapan manfaat kopi bagi kesehatan rambut Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Mencegah Rambut Rontok

Alasan umum kebotakan pada laki-laki adalah dihidrotestosteron kimia (DHT). DHT memengaruhi folikel rambut dan secara bertahap membuat pengurangan helaiannya. Namun, ketika Anda mengonsumsi kafein, DHT akan tertahan.

Kafein dapat memperkuat akar rambut sehingga folikel dalam tahap perkembangan anagen bisa didukung lebih lanjut. Menurut ahli, sebaiknya diamkan selama dua hingga lima menit setelah mengoleskan kopi ke kulit kepala, sehingga dapat meresap ke akar rambut dengan lebih baik.

3 dari 9 halaman

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kafein dalam kopi merangsang sel-sel matriks dalam partisi folikel rambut yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kafein juga mengandung antioksidan untuk mengurangi kehilangan air transepidermal dan merangsang pembentukan sel rambut yang lebat.

Analis juga melihat bahwa minum kopi untuk pertumbuhan rambut dapat membangun folikel pada pria dan wanita. Selain itu, karena kafein adalah penambah energi, ia juga meningkatkan aliran darah ke folikel rambut yang dapat meningkatkan pemanjangan batang rambut.

4 dari 9 halaman

3. Memperbaiki Tekstur Rambut

Merawat rambut dengan kopi juga dipercaya membuatnya lebih halus dan lembut. Memperbaiki tekstur rambut, kopi juga dimanfaatkan untuk merawat rambut kering, rusak, dan sulit diatur.

5 dari 9 halaman

4. Membuat Rambut Sehat dan Berkilau

Sifat antioksidan dari kafein memperkuat folikel rambut, sehingga dapat menambah kilau pada rambut Anda. Mencuci rambut dengan kopi dapat membuatnya lebih halus dan mengembalikan penampilan rambut Anda.

Karena efek diuretiknya, kafein dapat membantu rambut Anda menahan kelembapan dan kilau alaminya. Selain itu, kafein juga dapat membangun aliran darah dan membantu suplemen mencapai dasar rambut, menghasilkan rambut yang kuat dan berkilau.

6 dari 9 halaman

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tekstur kopi yang kasar dapat meningkatkan penyebaran darah di kulit kepala. Menggosok kopi ke kulit kepala akan meningkatkan penyebaran sirkulasi darah dan membantu perkembangan rambut.

7 dari 9 halaman

6. Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Kopi dikenal sebagai exfoliator yang luar biasa. Karena teksturnya, kopi dapat membantu menghilangkan penumpukan sisa-sisa produk dan polusi yang terkumpul di kulit kepala. Oleh karena itu, kopi dapat mengurangi ketombe dan membuat rambut Anda sehat.

8 dari 9 halaman

7. Menjadi Minyak Rambut

Kopi juga bisa digunakan sebagai minyak rambut. Itu dapat memberi vitamin pada rambut dan kulit kepala Anda sambil menyebarkan aroma luar biasa. Minyak kopi juga dapat membantu memperkuat akar dan batang rambut, meningkatkan penyebaran darah, dan mendukung pertumbuhan rambut. 

Penulis: Vania Dinda Marella

9 dari 9 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.