7 Burger Termahal di Dunia Versi Majalah Luxatic, Salah Satunya dari Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 20 Okt 2021, 07:03 WIB
Diperbarui 20 Okt 2021, 20:03 WIB
7 Burger Termahal di Dunia Versi Majalah Luxatic, Salah Satunya dari Indonesia
Perbesar
Ilustrasi burger. (dok. amirali mirhashemian/Unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Burger bisa dimasukkan makanan universal. Makanan cepat saji dari Amerika Serikat itu bisa diterima beragam kalangan, termasuk di Indonesia. 

Kebanyakan disajikan dengan kombinasi sederhana, yakni roti bun, daging, dan sayuran. Harganya pun relatif terjangkau oleh mayoritas pelanggan. Namun, ada pula penjual yang menyasar segmen kelas atas. 

Dilansir Luxatic, Senin, 18 Oktober 2021, ada sejumlah burger yang termasuk mahal di dunia. Meski demikian, para penggemarnya tak keberatan untuk membayar makanan cepat saji ini. Salah satunya dijual di Indonesia. Berikut daftar burger yang digolongkan sebagai burger termahal di dunia.

1. Burger Mallies Sports Grill & Bar

Penjual burger yang berbasis di Michigan, Amerika Serikat ini disebut sebagai burger The Absolutely Ridiculous (burger yang benar-benar konyol). Burger ini berbeda dengan burger lainnya.

Beratnya seporsi sekitar 338,6 pon yang terbuat dari 30 pon bacon, 30 pon tomat, 36 pon keju, dan 15 pon selada. Besarnya burger ini malah menjadi ejekan di tengah masyarakat.

Perlu sekitar 22 jam untuk membuat burger. Kalori yang dihasilkan oleh burger besar ini sekitar 540.000 kalori, butuh tiga pria kuat untuk mengangkat burger ini. Burger ini dibanderol 1.999 dolar AS atau hampir mencapai Rp 28,3 juta.

2. The Douche Burger

Burger ini disebut pula sebagai Burger 666 di New York. Masuknya burger ini dalam kategori burger termahal karena menggunakan enam lapis emas yang bisa dimakan.

Selain itu, burger ini menggunakan patty daging sapi Kobe, lobster, kaviar, foie gras, truffle, keju Gruyere tua yang dilelehkan dengan sampanye, saus barbekyu dari biji kopi luwak, dan garam himalaya. Burger ini berharga 666 dolar AS atau hampir mencapai Rp 9,5 juta.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Le Burger Extravagant

7 Burger Termahal di Dunia Versi Majalah Luxatic, Salah Satunya dari Indonesia
Perbesar
Ilustrasi makanan cepat saji. (dok. Engin Akyurt/Pexels.com)

Le Burger Extravagant merupakan kreasi kuliner yang dibuat oleh Serendipity 3 di New York, restoran yang memiliki menu kentang goreng termahal di dunia. Restoran ini terkenal akan makanan mewahnya.

Burger yang disajikan di sini menggunakan daging sapi Wagyu jepang. Di atas patty ditambahkan mentega truffle putih, keju cheddar yang berusia 18 bulan, truffle hitam yang diparut, telur puyuh goren, kaviar Kaluga, dan creme fraiche.

Untuk menambah kesan mewah, burger ini diberi hiasan dengan tusuk gigi emas. Pelanggan harus membayar 295 dolar AS atau hampir mencapai Rp4,2 juta untuk menikmati satu porsi burger mewah ini.

4. Burger Indulgence

Burger Indulgence merupakan kreasi burger dari Beer & Buns di dalam Hotel Court St. Giles, New York dengan menggunakan bahan khusus yang jarang ditemukan di pasar. Daging sapi Kobe merupakan bahan utama yang ditambahkan kaviar, truffle putih, pancetta, dan foie gras. Burger ini dihargai sekitar 250 dolar AS atau hampir mencapai Rp 3,6 juta.

5. The Burger

Menu burger satu ini merupakan hasil kreasi Burger King yang ingin membuat burger termahal di dunia. Dijual pada 2008, mereka berhasil menjualnya kepada publik. The Burger sampai saat ini masih tersedia di satu-satunya cabang restoran cepat saji itu, yakni berada di London Barat.

Bahan utamanya terdiri dari daging wagyu yang disiran jamur truffle putih, daging prosciutto Pata Negra terbaik di Spanyol, dan tempura bombay yang dibuat dalam sampanye Cristal. Di atas burger ditaburi safron Iran dan roti bun truffle. Harga The Burger mencapai 186 dolar AS atau lebih dari Rp2,6 juta. Meski begitu, supremasi sebagai burger termahal di dunia itu akhirnya harus diganti.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. The Richard Nouveau Burger – $175

Ilustrasi burger
Perbesar
Ilustrasi burger (Photo by Artur Tumasjan on Unsplash)

Burger ini menggunakan nama penulis fiksi PocketChange, sebuah publikasi online yang membicarakan tentang penawaran termahal di New York. Burger ini pertama kali dibuat pada 2008 di Wall Street Burger Shoppe.

Bahan utama yang digunakan adalah keju Gruyere, jamur liar, truffle hitam, dan foie gras alias hati angsa. Semua disajikan dalam roti bun brioche dengan taburan daun emas di atasnya. Dengan bahan-bahan itu, burger dijual seharga 175 dolar AS atau sekitar Rp2,4 juta. Sayang, burger ini tidak lagi tersedia mengingat restoran yang menjualnya bangkrut pada 2011. 

7. Burger di Four Seasons Hotel

Kali ini, burger termahal datang dari Indonesia yang dibuat oleh Hotel Four Seasons di Jakarta. Ide pembuatan burger mahal ini menyatukan cita rasa Timur dan Barat.

Burger ini menggunakan daging sapi Kobe Jepang, jamur portobello Italia, mayones wasabi, roti bawang-gandum buatan sendiri dilengkapi dengan kentang goreng, foie gras Perancis, dan pir Asia. Burger ini dihargai 110 dolar AS atau hampir mencapai Rp1,6 juta. (Gabriella Ajeng Larasati)

 

Kalo ga sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Diplomasi Indonesia via Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya