Sukses

Dokumen Paspor Mendiang Michael Jackson Dilelang, Terjual Rp1 Miliar

Michael Jackson pernah kehilangan paspornya di awal 1990.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi dan musisi legendaris Michael Jackson, memang telah lama tiada. Namun popularitasnya sepertinya belum meredup. Beberapa karya dan peninggalannya masih bisa ditemukan, seperti paspor yang dihargai hingga miliaran rupiah.

Dilansir TMZ, paspor mendiang Michael dijual dengan harga fantastis yaitu 75 ribu dolar AS atau sekitar Rp1 miliar. Dokumen tersebut dijual di balai lelang Moments in Time yang dikenal menjual barang-barang langka bersejarah.

Sebelumnya, mendiang Michael pernah kehilangan paspornya di awal 1990. Dia pun harus mengisi data untuk penggantian paspornya tersebut.

Dalam dokumen yang tersebar, terlihat empat foto yang diunggah mega bintang itu. Salah satunya adalah foto polaroid yang menambah kesan vintage dari paspor tersebut. Selain itu, ada beberapa data penting lainnya, yakni foto dengan rambut yang tertata rapi dan senyuman khas Michael.

Hal menarik lain yang terungkap pada paspor itu bahwa pelantun Beat It tersebut menuliskan profesinya sebagai seorang seniman atau entertainer. Terdapat pula tanda tangan pria yang tutup usia pada 25 Juni 2009 itu.

Menurut pihak balai lelang, dokumen aplikasi penggantian paspor Michael masih dalam kondisi baik. Karena banyaknya informasi penting dalam dokumen tersebut, harga memorabilia Michael pun meroket hingga Rp1 miliar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Properti dan Perkebunan

Sebelumnya, salah satu properti milik mendiang Michael, Neverland Ranch yang berada di California, Amerika Serikat, telah terjual. Dilansir dari Insider, miliarder Ron Burkler yang juga teman lama keluarga Jackson menjadi orang yang membeli properti atau perkebunan seluas 1.100 hektare tersebut.

Ron membeli kompleks yang telah berganti nama menjadi Sycamore Valley Ranch itu dengan harga miring, yaitu 22 juta dolar AS atau sekitar Rp308 miliar. Ron adalah pemilik saham mayoritas Soho House, klub swasta yang menarik orang-orang di industri hiburan dan media.

Ia juga memiliki properti di New York, Los Angeles, London dan Hong Kong. Sebelumnya, properti Michael itu dijual dengan harga 100 juta dolar Amerika atau sekitar R 1,4 triliun pada 2015 lalu. Kemudian, harganya turun menjadi 67 juta dolar AS atau sekitar Rp938 miliar pada 2017, dan akhirnya diturunkan menjadi 22 juta dolar AS pada 2020 karena belum kunjung terjual.

3 dari 4 halaman

Tempat Istirahat Favorit

Neverland Ranch yang berada di Santa Ynez Valley, 193 km dari Los Angeles itu dibeli Michael seharga 19,5 juta dolar AS pada 1987. Setelah menghadapi masalah keuangan pada 2008, ia mengalihkan kompleks ini kepada perusahaan investasi Colony Capital LLC yang memberinya pinjaman sebesar 23 juta dolar AS.

Nama Neverland diambil dari dongeng anak lelaki yang menolak beranjak dewasa "Peter Pan", dan sempat menjadi tempat istirahat favorit Michael. Kompleks properti ini berisi kebun binatang, jalur kereta, dan taman hiburan.

Di sana Michael juga sering menghibur anak-anak, yang salah satunya menuding dirinya melakukan pelecehan seksual. Mungkin yang paling dikenang dunia adalah Jackson pernah diwawancarai secara eksklusif oleh Oprah Winfrey pada 1993 di tempat tersebut.

4 dari 4 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.